CARESSA SEPTIANA DEWI, 126207202044 (2024) MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENDUKUNG PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI MTsN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (722kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (380kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Perpustakaan Dalam Mendukung Program Gerakan Literasi Sekolah di MTsN 8 Tulungagung” ini ditulis oleh Caressa Septiana Dewi, NIM 126207202044, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Khoirul Anam. M. Pd. I. Kata kunci: Perpustakaan, Program Gerakan Literasi Sekolah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat baca peserta didik karena lebih cenderung focus dengan smartphone untuk membaca atau mencari informasi. Untuk menumbuhkan budaya literasi maka lembaga pendidikan perlu membuat kebijakan yang dituangkan ke dalam program perpustakaan dengan berkolaborasi bersama tim gerakan literasi sekolah dengan menyesuaikan kegemaran atau minat yang dimiliki peserta didik melalui pembiasaan membaca. Sehingga, dengan adanya manajemen perpustakaan di MTsN 8 Tulungagung yang baik diharapkan dapat dengan mudah mendukung program literasi dalam meningkatkan minat baca secara efektif dan efisien dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan perpustakaan dalam mendukung program Gerakan literasi sekolah di MTsN 8 Tulungagung, (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan perpustakaan dalam mendukung program Gerakan literasi sekolah di MTsN 8 Tulungagung, (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi dari manajemen perpustakaan dalam mendukung program gerakan literasi sekolah di MTsN 8 Tulungagung. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan triangulasi (triangulasi teknik dan triangulasi sumber). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan perpustakaan dalam mendukung gerakan literasi sekolah di MTs Negeri 8 Tulungagung meliputi menentukan rancangan program kegiatan yang akan dilakukan, menentukan seluruh kebutuhan perpustakaan termasuk pengadaan buku dan sarana prasarana, menentukan visi dan misi, biaya serta jadwal kunjung peserta didik, menambah koleksi pustaka dan bekerja sama dengan tim literasi. (2) Pelaksanaan perpustakaan dalam mendukung program gerakan literasi sekolah di MTs Negeri 8 Tulungagung dibagi menjadi 2 bagian, yaitu tahapan pelaksanaan perpustakaan dan program gerakan literasi sekolah. Untuk pelaksanaan perpustakaan itu sendiri dibagi menjadi 2, yakni tahapan pengolahan buku dan pelayanan. Pengolahan buku ini dilakukan dengan inventarisasi, katalogisasi, klasifikasi, penyusunan buku pada rak, dan pemeliharaan, sedangkan pelayanan dilakukan terbagi menjadi pelayanan langsung, tidak langsung, dan layanan lainya. Sementara itu, program literasi tersebut dibagi menjadi 3 tahap, yakni tahap pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. (3) Evaluasi perpustakaan dalam mendukung program gerakan literasi sekolah di MTs Negeri 8 Tulungagung meliputi peninjauan perpustakaan, membahas pelaksanaan perpustakaan melalui workshop atau Evaluasi Diri Madrasah, mengukur tingkat minat baca peserta didik dan kinerja guru, membandingkan kemampuan literasi khususnya minat baca, dan melakukan tindakan perbaikan terhadap pelaksanaan perpustakaan dalam minat baca.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207202044 CARESSA SEPTIANA DEWI |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 02:35 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 02:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47113 |
Actions (login required)
View Item |