PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 SUMBERGEMPOL PADA MATERI TEOREMA PYTHGORAS

RUKMATIKA KHOFIFAH, 126204203188 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 SUMBERGEMPOL PADA MATERI TEOREMA PYTHGORAS. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Pada Materi Teorema Pythagoras” ini ditulis oleh Rukmatika Khofifah., NIM 126204203188, pembimbing Dr. Musrikah, S.Pd.I, M.Pd. Kata kunci: Model pembelajaran Jigsaw, Kemampuan Literasi Matematis dan Hasil belajar Pada umumnya hasil belajar matematika belum memuaskan baik dari tingkat sekolah dasar maupun tingkat sekolah menengah, apalagi kalau dikaitkan dengan kemampuan literasi matematika seperti pada PISA. Fakta dilapangan literasi matematika masih tergolong lemah hal ini disebabkan pembelajaran di sekolah masih banyak yang menggunakan pembelajaran yang berpusat pada guru atau motode ceramah, untuk menciptakan pembelajaran yang efektif diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat membangun komunikasi dua arah atau lebih antara guru dengan peserta didik dan antara sesama peserta didik. Salah satunya adalah model pembelajaran jigsaw, yaitu salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif yang dapat melatih pengetahuan dan keterampilan siswa, dengan metode pengelompokan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri Sumbergempol pada materi teorema Pythagoras (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri Sumbergempol pada materi teorema pythagoras. (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan literasi matematis dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri Sumbergempol pada materi teorema pythagoras. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan dua kelas. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa model pembelajaran Jigsaw, sedangkan pada kelompok kontrol diberikan perlakuan berupa pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Sumbergempol tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 15 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelas VIII B dengan 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D dengan 32 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan angket. Analisis hipotesis menggunakan uji independent sample t-test, uji Mann Whitney dan MANOVA. Hasil perhitungan menggunakan uji Manova yang telah dilakukan dapat dilihat pada kolom kelas nilai signifikansi Pillai’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root sebesar 0,000. Hal ini berarti bahwa nilai kedua Sig.< 0,05 maka

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204203188 RUKMATIKA KHOFIFAH
Date Deposited: 21 Jun 2024 08:47
Last Modified: 21 Jun 2024 08:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47207

Actions (login required)

View Item View Item