PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP KONEKSI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs SUNAN KALIJOGO KEDIRI PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

HUNA NAUVIA IBRAHIM, 12204183078 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP KONEKSI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs SUNAN KALIJOGO KEDIRI PADA MATERI KUBUS DAN BALOK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (396kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran IMPROVE Terhadap Koneksi Matematis Dan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kediri Pada Materi Kubus Dan Balok”, ini ditulis oleh Huna Nauvia Ibrahim, NIM 12204183078, Jurusan Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Nadya Alvi Rahma, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Model Pembelajaran IMPROVE, Koneksi Matematis, Minat Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi matematis dan minat belajar peserta didik. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dimana pembelajaran hanya berpusat pada guru dan peserta didik tidak berpartisipasi aktif dan kritis dalam pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan meningkatkan minat belajar peserta didik. Salah satu model yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran IMPROVE. Melalui model pembelajaran ini peserta didik akan lebih aktif dan dapat saling bertukar pengetahuan dengan temannya. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran IMPROVE terhadap koneksi matematis peserta didik kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kediri pada materi kubus dan balok. (2) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran IMPROVE terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kediri pada materi kubus dan balok. (3) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran IMPROVE terhadap koneksi matematis dan minat belajar peserta didik kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kediri pada materi kubus dan balok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kediri sejumlah 288 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas VIII E sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 peserta didik dan kelas VIII F yang berjumlah 32 peserta didik sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni uji T-test, uji Mann-Whitney dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh model pembelajaran IMPROVE terhadap koneksi matematis peserta didik kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kediri pada materi kubus dan balok. (2) ada pengaruh model pembelajaran IMPROVE terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kediri pada materi kubus dan balok. (3) ada pengaruh model pembelajaran IMPROVE terhadap koneksi matematis dan minat belajar peserta didik kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kediri pada materi kubus dan balok.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183078 HUNA NAUVIA IBRAHIM
Date Deposited: 19 Jun 2024 08:09
Last Modified: 19 Jun 2024 08:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47229

Actions (login required)

View Item View Item