EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA SENI KALIGRAFI UNTUK MENGUNGKAP KONSEP MATEMATIKA PADA BIDANG GEOMETRI

M IHWAN KHAMIM, 126204202103 (2024) EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA SENI KALIGRAFI UNTUK MENGUNGKAP KONSEP MATEMATIKA PADA BIDANG GEOMETRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (803kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (307kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Etnomatematika merupakan pendekatan khusus yang digunakan oleh suatu kelompok budaya atau masyarakat tertentu dalam aktivitas matematika. Keterkaitan budaya dengan matematika memunculkan hal yang menarik untuk dibahas, terutama untuk mengembangkan materi pada pembelajaran peserta didik yang dimana dalam hal ini banyak siswa yang menganggap tidak ada keterkaitan antara matematika dengan kehidupan sehari-hari. Maka dari itu menggabungkan matematika dengan budaya merupakan inovasi dalam pembelajaran sehingga peserta didik mampu memahami materi yang disampaikan oleh pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui aktivitas etnomatematika pada pembuatan dan pembelajaran Seni Kaligrafi. (2) Mengetahui konsep matematika geometri yang terdapat pada Seni Kaligrafi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian etnografi dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Aktivitas etnomatematika pada pembuatan dan pembelajaran Seni Kaligrafi yaitu aktivitas mengukur besar sudut yang akan digunakan pada pembelajaran menulis huruf dan mengukur panjang, lebar, diameter dan jarak antar susunan tulisan. Aktivitas membilang satuan ukur yang digunakan ketika pembelajaran agar sama & seragam. Serta aktivitas menentukan posisi pola susunan huruf yang akan dibuat dalam kaya seni kaligrafi. (2) Konsep matematika geometri pada karya Seni Kaligrafi yaitu titik, garis, sudut, dan bangun datar. Selain itu, juga terdapat konsep transformasi geometri yaitu translasi, refleksi, dan rotasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Etnomatematika
Matematika > Geometri
Kebudayaan Islam
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202103 M IHWAN KHAMIM
Date Deposited: 20 Jun 2024 07:53
Last Modified: 20 Jun 2024 07:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47235

Actions (login required)

View Item View Item