PERAN ADVOKAT DALAM MENYELESAIKAN PERKARA OBJEK WARISAN YANG DIJUAL SECARA SEPIHAK DITINJAU DARI HUKUM ACARA PERDATA DAN HUKUM ISLAM(Studi Kasus di Desa Bakung Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar)

NUR SHINTA PUTRI WULAN NDARI, 126102202122 (2024) PERAN ADVOKAT DALAM MENYELESAIKAN PERKARA OBJEK WARISAN YANG DIJUAL SECARA SEPIHAK DITINJAU DARI HUKUM ACARA PERDATA DAN HUKUM ISLAM(Studi Kasus di Desa Bakung Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (682kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (501kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (583kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Nur Shinta Putri Wulan Ndari, 12102202122, “Peran Advokat Dalam Menyelesaikan Perkara Objek Warisan yang Dijual Secara Sepihak Ditinjau dari Hukum Acara Perdata dan Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Bakung Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar)” Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2023. Pembimbing: Dr. Kutbuddin Aibak S.Ag., M.H.I Kata Kunci: Peran Advokat, Objek Waris Di Jual secara sepihak, Hukum Acara Perdata dan Hukum Islam Penelitian ini di latarbelakangi dalam perkara dimana terdapat permasalahan seorang melakukan pengingkaran warisan dimana terdapat anak pertama laki-laki dan anak kedua laki- laki, namun hal ini dikuasai oleh salah satu pihak dan dijual objeknya (objek berupa sawah dan bangunan rumah) Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah :1) Bagaimana konflik tanah warisan yang dijual secara sepihak oleh salah satu ahli waris di Desa Bakung Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar? 2) Bagaimana Upaya Hukum Advokat dalam rangka mendampingi klien konflik tanah warisan yang dijual secara sepihak oleh salah satu ahli waris di Desa Bakung Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar? 3)Bagaimana konflik tanah warisan yang dijual secara sepihak oleh salah satu ahli waris di Desa Bakung Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar Perspektif Hukum Islam? Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan jenis Lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi,wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, Teknik Keabsahan data digunakan dalam penelitian ini adalah Tringulasi yang menggabungkan dari dua teknik pengumpulan data dan dari sumber yang telah ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) permasalahan seorang melakukan pengingkaran warisan dimana terdapat anak pertama laki-laki dan anak kedua laki- laki, namun hal ini dikuasai sepihak dan dijual objeknya (objek berupa sawah dan bangunan rumah) 2) Perspektif Hukum Acara Perdata Suatu perbuatan yang melawan hukum (pihak penjual) sebagaimana ketentuan dalam Pasal 1365 KUHPerdata, sehingga perjanjian jual beli tentu saja merugikan ahli waris yang sah yang berakibat pada berkurangnya objek waris. Kepastian hukum terhadap jual beli tanah waris tanpa persetujuan ahli waris dijamin oleh peraturan perundang-undangan.3) Perspektif Hukum Islam Warisan atas milik orang lain tidak sah untuk di perjualbelikan, dengan alasan karena dalam warisan tersebut masih terdapat hak ahli waris yang lain dan belum jelas siapakah yang akan menjadi pemilik barang tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 126102202122 NUR SHINTA PUTRI WULAN NDARI
Date Deposited: 21 Jun 2024 07:33
Last Modified: 21 Jun 2024 07:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47252

Actions (login required)

View Item View Item