PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL BERBANTUAN BOOK CREATOR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI PENCERNAAN MANUSIA DI SDI BAYANUL AZHAR TULUNGAGUNG

WANDA RAHMA AULIA, 126205203252 (2024) PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL BERBANTUAN BOOK CREATOR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI PENCERNAAN MANUSIA DI SDI BAYANUL AZHAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (981kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang memuat materi tentang konsep- konsep hasil temuan, fakta-fakta gejala alam yang terjadi di kehidupan sehari-hari, tak terkecuali sistem kerja tubuh manusia seperti proses pencernaan manusia. Pada kenyataannya, hal tersebut sudah diajarkan di tingkat sekolah dasar dengan kompetensi yang harus dicapai siswa adalah memahami cara kerja setiap organ sistem pencernaan. Melihat fenomena tersebut, guru dapat menggunakan alat bantu dalam penyampaian materi. Penggunaan media digital dapat menjadi solusi dari problema tersebut, yaitu dengan menampilkan video dan gambar yang berbentuk visual. Inovasi yang dikembangkan oleh peneliti adalah membuat buku digital yang dapat memuat gambar dan video yang dapat diputar dan digunakan di perangkat digital, salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi book creator. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan media berupa buku digital yang memuat materi sistem pencernaan untuk kelas lima sekolah dasar. Proses pengembangan tersebut di desain terlebih dahulu menggunakan storyboard. Berangkat dari desain storyboard tersebut, media buku digital kemudian dikembangkan menggunakan aplikasi book creator. Hasil akhir yang didapatkan pada penelitian pengembangan ini adalah berupa buku digital berbantuan book creator materi sistem pencernaan manusia yang efektif dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan oleh peneliti adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahap pengembangan. Yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Proses pengembangan media buku digital dilakukan berdasarkan tahapan tersebut. Yaitu diawali analisis kebutuhan, desain buku digital, proses pengembangan, validasi media, dan penerapan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas untuk media diperoleh 89,3%, validitas materi 84%, dan validitas soal 84%. Sehingga media buku digital yang telah dibuat telah valid dan dapat di uji coba ke lapangan. Nilai yang diperoleh kepraktisan media buku digital pada uji lapangan adalah 85%, sehingga media buku digital praktis digunakan pada pembelajaran sistem pencernaan manusia. Nilai keefektifan media buku digital dihitung menggunakan nilai tes hasil belajar menggunakan SPSS. Hasil uji yang didapatkan 0.000 < 0.005, maka terdapat korelasi antara variabel pertama dengan variabel kedua. Maka media buku digital dinyatakan efektif untuk digunakan pada proes pembelajaran sistem pencernaan manusia di kelas lima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203252 WANDA RAHMA AULIA
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:55
Last Modified: 16 Jul 2024 04:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47281

Actions (login required)

View Item View Item