IMPLEMENTASI PENDEKATAN JOYFULL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA MI PERWANIDA BLITAR

FARAH AFZA MULYA, 126205203202 (2024) IMPLEMENTASI PENDEKATAN JOYFULL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA MI PERWANIDA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (633kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pendekatan Joyfull Learning untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa pada Pembelajaran Matematika Siswa MI Perwanida Blitar” ini ditulis oleh Farah Afza Mulya, NIM 126205203202, Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. Khabibur Rohman, M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena akan rendahnya nilai siswa pada pembelajaran matematika, partisipasi siswa di dalam kelas rendah, serti banyaknya siswa yang tidak suka dengan pelajaran matematika. Di antara yang menjadi penyebabnya adalah pembelajaran matematika yang seringkali disampaikan dengan kurang menyenangkan. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Pendekatan Joyfull Learning untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa pada Pembelajaran Matematika siswa MI Perwanida Blitar dan untuk menjelaskan faktor dan penghambat tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan teknik penggalian data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk menggali suatu informasi mengenai penerapan Joyfull Learning dalam pembelajaran matematika Madrasah Ibtidaiyah Perwanida Blitar. Observasi digunakan untuk mengamati secara langsung siswa dan lingkungannya. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data dengan melihat dan menganalisis dokumen yang telah diambil untuk meneliti suatu subjek. Hasil penelitian ini menunjukan MI Perwanida Blitar telah mengimplementasikan pendekatan joyfull learning pada pembelajaran matematika karena pendekatan ini membuat siswa antusias dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Para guru membuat siswa merasa nyaman dan senang dalam proses pembelajaran, hal ini menjadikan siswa lebih mudah untuk mengerti dan memahami konsep yang diajarkan oleh guru. Faktor pendukung implementasi Joyful Learning dalam meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika termasuk variasi gaya mengajar setiap guru, sarana dan prasarana sekolah yang mendukung, seperti media interaktif, serta kemampuan guru dalam berinovasi. Sementara itu, faktor penghambatnya meliputi hilangnya fokus siswa karena suasana menyenangkan, perbedaan karakter siswa dalam menyikapi pembelajaran, dan kesulitan dalam membagi waktu antara penyampaian materi dan pembangunan suasana belajar yang menyenangkan. Kata Kunci: Joyfull Learning, Pembelajaran Matematika, Partisipasi Siswa

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203202 FARAH AFZA MULYA
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:42
Last Modified: 20 Jun 2024 02:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47282

Actions (login required)

View Item View Item