ANI SAFAATI, 126207201006 (2024) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (308kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (306kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul "Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung" ini ditulis oleh Ani Safaati, NIM 126207201006, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing oleh Dr. H. Masduki, M. Ag., NIP 196207081998031001. Kata Kunci: Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan, Mutu Pendidikan. Manajemen sarana dan prasarana penting bagi lembaga pendidikan karena berperan dalam menyediakan lingkungan belajar yang kondusif bagi siswa dan pendidik. Fasilitas yang baik dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran, meningkatkan motivasi siswa, menciptakan pengalaman belajar yang positif, meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya dan memastikan keberlanjutan operasional lembaga pendidikan. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan Sarana dan Prasarana di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung? 2) Bagaimana implementasi Sarana dan Prasarana di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung? 3) Bagaimana pengawasan Sarana dan Prasarana di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perencanaan Sarana dan Prasarana di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung 2) Untuk mengetahui implementasi Sarana dan Prasarana di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung 3) Untuk mengetahui pengawasan Sarana dan Prasarana di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan interaktif Miles dan Huberman, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi, perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, menggunakan bahan referensi dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan sarana dan prasarana dijalankan secara rutin. Rapat perencanaan dilaksanakan setiap tahun dengan memperhatikan urgensinya. Selain itu, juga memperhatikan anggaran yang tersedia. Anggaran yang dipakai adalah anggaran dari DIPA dan komite. Untuk mewujudkan mutu pendidikan yang optimal sarana dan prasarana pendidikan juga disesuaikan dengan kurikulum. 2) Implementasi sarana dan prasarana dijalankan secara sistematis, meliputi pemanfaatan, pemeliharaan, inventarisasi, serta penghapusan sarana dan prasarana. Walaupun pemanfaatan oleh peserta didik masih kurang, namun secara umum berdampak positif terhadap pencapaian siswa. 3) Pengawasan sarana dan prasarana dilakukan secara terpadu oleh seluruh warga sekolah, dari siswa hingga komite.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Mutu Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207201006 ANI SAFAATI |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 04:34 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 04:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47320 |
Actions (login required)
View Item |