STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI BUDAYA KEAGAMAAN DI MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

A.A MUFAROHA, 126205202078 (2024) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI BUDAYA KEAGAMAAN DI MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (443kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (600kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (438kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Budaya Keagamaan di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung" yang ditulis oleh A.A Mufaroha. NIM.. 126205202078. Pembimbing Drs. H. Timbul, M.Pd.I. Katakunci: Strategi, Bentuk budaya keagamaan, Problematika Penerapan karakter religius harus diterapkan secara konsisten hal ini dilakukan untuk membentengi diri dari hal-hal negatif yang dapat mengarahkan pada hal penyimpangan sikap dan moral seseorang. Apabila penerapan karakter religius konsisten dilakukan maka akan membawa dampak yang baik bagi karakter seseorang, sehingga dari penerapan karakter religius tersebut akan membentuk karakter-karakter yang baik dalam melakukan suatu kegiatan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi yang digunakan guru dalam membentuk karakter religius peserta didik melalui budaya keagamaan. di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung. 2) Untuk mengetahui bentuk-bentuk budaya keagamaan di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung. 3) Untuk mengetahui problematika yang dialami guru dalam proses pembentukan karakter religius peserta didik melalui mudaya keagamaan di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian kualitatif adalah suatu proses penelitian yang dilakukan secara wajar dan natural sesuai dengan kondisi objektif di lapangan tanpa adanya manipulasi, serta jenis data yang dikumpulkan berupa data kualitatif. Peneliti melakukan penelitian dengan cara melalui observasi, wawancara dan dokumentasi di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung. Dan analisis data mengunakan triangulasi. Sesuai dengan hasil penelitian bahwa strategi merupakan suatu rencana yang dilakukan oleh pendidik agar tercapainya suatu sasaran tertentu dengan maksimal sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Dalam proses pembentukan karakter guru menggunakan beberapa strategi diantaranya adalah menjadikan pendidik sebagai suri tauladan, melatih kedisiplinan peserta didik, melalui penanaman pembiasaan, pendampingan, serta penanaman budaya keagamaan di sekolah. Hasil penelitian kedua adalah mengenai budaya keagamaan, budaya keagamaan merupakan kegiatan yang telah menjadi pembiasaan yang dilakukan oleh seluruh warga sekolah yang berlandaskan nilai-nilai keagamaan. Adapun bentuk-bentuk budaya keagamaan yang dapat membentuk karakter religius peserta didik diantaranya adalah melalui pembiasaan senyum, sapa, dan salam, sholat duha berjamaah, pembacaan juz 'ama, berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, menghafalkan juz 'ama, sholat dhuhur berjamaah, dan peringatan hari besar Islam. Hasil penelitian yang ke tiga adalah mengenai problematika yang dialami guru dalam proses pembentukan karakter religius peserta didik diantaranya adalah faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri peserta didik. sedangkan faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam jiwa peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202078 A.A MUFAROHA
Date Deposited: 26 Jun 2024 06:46
Last Modified: 26 Jun 2024 06:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47374

Actions (login required)

View Item View Item