PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III MIN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG

MIZATUR ROHMAH, 2817123103 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III MIN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (193kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (229kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III MIN Tunggangri Kalidawer Tulungagung” ini ditulis oleh Mizatur Rohmah, NIM 2817123103, Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Drs. H. Timbul, M.Pd. I Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran Matematika di MIN Tunggangri Kalidawer Tulungagung yang hasil belajar peserta didik masih belum maksimal. Peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan pada mata pelajaran matematika peserta didik kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun 2015-2016? (2) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran matematika peserta didik kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun 2015-2016? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses belajar mengajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran matematika untuk peserta didik kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung, (2) Untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran matematika peserta didik kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Model pembelajaran yang dilakukan menggunakan model koopeatif tipe jigsaw yang memilki ciri, karakteristik dan kelebihan. Dalam pembelajaran pelaku belajar adalah siswa yang bertindak belajar atau pelajar, tujuan belajar memperoleh hasil belajar dan pengalaman hidup, ukuran keberhasilan adalah dapat memecahkan masalah, belajar dapat dilakukan di sembarang tempat dan sepanjang waktu, proses belajar internal dalam diri pembelajar, hasil belajar sebagai dampak pengajaran dan pengiring. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas III-A MIN Tunggangri Kalidawer Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran Matematika setelah melalui langkah-langkah kegiatan awal, kegiatan inti dan juga kegatan akhir menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III-A MIN Tunggangri kalidawir Tulungagung. Data dari siklus I menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik secara keseluruhan adalah 76,84 dengan prosentase ketuntasan 68,75%. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 82,57 dengan prosentase ketuntasan 87,8%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123103 MIZATUR ROHMAH
Date Deposited: 31 Jan 2017 01:55
Last Modified: 31 Jan 2017 01:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4742

Actions (login required)

View Item View Item