KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK POKOK BAHASAN STATISTIKA KELAS XI MIA MAN 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

RIKA LUTVIA, 2814123132 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK POKOK BAHASAN STATISTIKA KELAS XI MIA MAN 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB I Fix.pdf

Download (349kB)
[img]
Preview
Text
BAB II Fix.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Fix.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Fix.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Fix.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI Fix.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (112kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Pokok Bahasan Statistika Kelas XI MIA MAN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Rika Lutvia, NIM. 2814123132, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together), Hasil Belajar Matematika. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pembelajaran matematika kurang diminati oleh peserta didik karena sulit, membosankan, bahkan pembelajaran matematika dianggap sebagai hal yang menakutkan bagi peserta didik. Sehingga dapat berdampak pada hasil belajar peserta didik. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan masalah hasil belajar matematika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together). Model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) adalah model pembelajaran yang bernaung dalam teori konstruktivis, yang menekankan pada proses kerja sama dalam suatu kelompok untuk mempelajari suatu materi akademik yang spesifik sampai tuntas, dengan penomoran berpikir bersama. Di mana peserta didik berperan aktif dalam proses pembelajaran berlangsung dan peran guru (pendidik) hanya sebagai fasilitator yang membantu agar proses belajar peserta didik berjalan dengan baik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Apakah ada perbedaan hasil belajar matematika peserta didik pokok bahasan statistika kelas XI MIA MAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2015/2016 antara yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan yang tidak mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT? 2) Apakah pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe NHT lebih efektif jika dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan model kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran matematika pokok bahasan statistika kelas XI MIA MAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika peserta didik pokok bahasan statistika kelas XI MIA MAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2015/2016 antara yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan yang tidak mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. 2) Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran matematika pokok bahasan statistika kelas XI MIA MAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian percobaan (experiment research), dengan variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together). Sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah hasil belajar matematika peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dengan menggunakan uji statistik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai t_hitung>t_tabel atau =4,09>1,670. Berdasarkan kaidah pengambilan keputusan maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya: 1) Ada perbedaan hasil belajar matematika peserta didik pokok bahasan statistika kelas XI MIA MAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2015/2016 antara yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan yang tidak mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Nilai rata-rata kelas eksperimen 85,42 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 77,11 artinya bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol. 2) Uji keefektifan pada penelitian didapatkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 87,88%, persentase yang lebih tinggi dari persentase standar minimal ketuntasan hasil belajar kelas yang sebesar 85%. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) lebih efektif jika dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan model kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran matematika pokok bahasan statistika kelas XI MIA MAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123132 RIKA LUTVIA
Date Deposited: 31 Jan 2017 06:37
Last Modified: 31 Jan 2017 06:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4748

Actions (login required)

View Item View Item