PENGARUH METODE TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN FIQIH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTS AL-MUSLIHUN TLOGO BLITAR

ISNA NIHAYATUL LATIFAH, 126201203243 (2024) PENGARUH METODE TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN FIQIH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTS AL-MUSLIHUN TLOGO BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (500kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Talking Stick Dalam Pembelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di MTs Al-Muslihun Tlogo Blitar” ini ditulis oleh Isna Nihayatul Latifah, NIM. 126201203243, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. dosen pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata kunci: Talking stick, motivasi, hasil belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh teori berlin sani dan kurniasih bahwa metode pembelajaran Talking Stick adalah metode pembelajaran yang memanfaatkan sebuah tongkat sebagai alat untuk mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam diskusi dan meningkatkan kemampuan berbicara mereka. Dengan adanya kesempatan untuk berbicara secara bergantian, siswa juga akan lebih aktif dalam proses pembelajaran dan lebih terlibat dalam diskusi kelas. Hal ini dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar karena mereka merasa didengarkan dan dihargai. Selain itu, metode Talking Stick juga dapat meningkatkan hasil belajar karena siswa akan lebih fokus dan terlibat dalam pembelajaran. Terkait teori tersebut peneliti hendak menguji teori tersebut pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Al-Muslihun Tlogo Blitar. Adapun pertimbangan pemilihan lokasi penelitian ini karena pembelajaran fiqh di MTs Al-Muslihun Tlogo Blitar guru masih sering menggunakan metode konvesional tanpa mengaplikasikan metode pengajaran yang menarik, yang dapat mempengaruhi motivasi dan hasil belajar peserta didik menjadi menurun. Oleh karena itu, peneliti ingin menguji teori tersebut apakah metode talking stick ini dapat diterapkan dengan baik di MTs Al-Muslihun Tlogo Blitar sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kelas VII dalam pembelajaran fiqih dengan maksimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh metode Talking Stick dalam pembelajaran fiqih terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VII di MTs Al-Muslihun Tlogo Blitar, 2) Untuk mengetahui pengaruh metode Talking Stick dalam pembelajaran fiqih terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di MTs Al-Muslihun Tlogo Blitar, 3) Untuk mengetahui pengaruh metode Talking Stick dalam pembelajaran fiqih terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VII di MTs Al-Muslihun Tlogo Blitar. Pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis Penelitian Quasi Eksperimen sedangkan rancangan penelitian ini menggunakan The Non Equivalent Posttest-Only Control Group Design. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh metode talking stick dalam pembelajaran fiqih untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII di MTs Al-Muslihun Tlogo Blitar. Adapun teknik pegumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Tes, (2) Angket (3) Dokumentasi. Teknik analisis data adalah uji T dab uji MANOVA dengan bantuan SPSS 25.0 for Windows. Kesimpulan berdasarkan pembahasan dari hasil penelitian tentang pengaruh metode talking stick dalam pembelajaran fiqih terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VII di MTs Al-Muslihun Tlogo Blitar tahun ajaran 2023/2024, maka diperoleh sebagai berikut 1) Ada pengaruh metode talking stick dalam pembelajaran fiqih terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VII di MTs Al-Muslihun Tlogo Blitar tahun ajaran 2023/2024. Hal ini dibuktikan oleh hasil uji T dengan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05. 2) Ada pengaruh metode talking stick dalam pembelajaran fiqih terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di MTs Al-Muslihun Tlogo Blitar tahun ajaran 2023/2024. Hal ini dibuktikan oleh hasil uji T dengan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. 3) Ada pengaruh metode talking stick dalam pembelajaran fiqih terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VII di MTs Al-Muslihun Tlogo Blitar tahun ajaran 2023/2024. Hal ini dibuktikan oleh uji MANOVA yang menunjukkan nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203243 ISNA NIHAYATUL LATIFAH
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:32
Last Modified: 11 Jul 2024 02:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47482

Actions (login required)

View Item View Item