PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI MIN 1 TULUNGAGUNG

AZELA KHOIRUN MUNADHIFAH, 126205203198 (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Munadhifah, Azela Khoirun. 2024. Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS di MIN 1 Tulungagung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Moh. Arif, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Minat Belajar, Hasil Belajar, IPAS. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya pemanfaatan media pembelajaran khususnya media pembelajaran berbasis teknologi pada mata pelajaran IPAS, sehingga hal tersebut berpengaruh terhadap minat belajar siswa yang rendah dan hasil belajar siswa yang cenderung belum maksimal. Salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat dimanfaatkan adalah media pembelajaran Augmented Reality yang menggabungkan antara dunia maya dan dunia nyata sehingga batas antara keduanya semakin minim. Melalui media ini, siswa akan semakin berminat untuk mengikuti proses pembelajaran sehingga akan berdampak pada hasil belajar yang akan ikut meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh media pembelajaran Augmented Reality terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di MIN 1 Tulungagung, (2) mengetahui pengaruh media pembelajaran Augmented Reality terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di MIN 1 Tulungagung, dan (3) mengetahui pengaruh media pembelajaran Augmented Reality terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di MIN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian yaitu quasi experimental design yang berjenis nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN 1 Tulungagung yang terdiri dari kelas A, B, dan C. Sampel dalam penelitian adalah kelas IV A dan IV C yang dipilih secara random melalui undian. Teknik pengumulan data melalui angket, tes, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis berupa uji independent sample t-test dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh signifikan penggunaan media pembelajaran Augmented Reality terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di MIN 1 Tulungagung dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 serta nilai thitung > ttabel yaitu 12,736 > 1,675, maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima sedangkan Ho ditolak, (2) Ada pengaruh signifikan penggunaan media pembelajaran Augmented Reality terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di MIN 1 Tulungagung dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 serta nilai thitung > ttabel yaitu 6,307 > 1,675, maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima sedangkan Ho ditolak, dan (3) Ada pengaruh signifikan penggunaan media pembelajaran Augmented Reality terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di MIN 1 Tulungagung dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima sedangkan Ho ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203198 AZELA KHOIRUN MUNADHIFAH
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:12
Last Modified: 26 Jun 2024 02:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47513

Actions (login required)

View Item View Item