AZELA KHOIRUN MUNADHIFAH, 126205203198 (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (801kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (370kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Munadhifah, Azela Khoirun. 2024. Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS di MIN 1 Tulungagung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Moh. Arif, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Minat Belajar, Hasil Belajar, IPAS. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya pemanfaatan media pembelajaran khususnya media pembelajaran berbasis teknologi pada mata pelajaran IPAS, sehingga hal tersebut berpengaruh terhadap minat belajar siswa yang rendah dan hasil belajar siswa yang cenderung belum maksimal. Salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat dimanfaatkan adalah media pembelajaran Augmented Reality yang menggabungkan antara dunia maya dan dunia nyata sehingga batas antara keduanya semakin minim. Melalui media ini, siswa akan semakin berminat untuk mengikuti proses pembelajaran sehingga akan berdampak pada hasil belajar yang akan ikut meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh media pembelajaran Augmented Reality terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di MIN 1 Tulungagung, (2) mengetahui pengaruh media pembelajaran Augmented Reality terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di MIN 1 Tulungagung, dan (3) mengetahui pengaruh media pembelajaran Augmented Reality terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di MIN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian yaitu quasi experimental design yang berjenis nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN 1 Tulungagung yang terdiri dari kelas A, B, dan C. Sampel dalam penelitian adalah kelas IV A dan IV C yang dipilih secara random melalui undian. Teknik pengumulan data melalui angket, tes, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis berupa uji independent sample t-test dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh signifikan penggunaan media pembelajaran Augmented Reality terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di MIN 1 Tulungagung dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 serta nilai thitung > ttabel yaitu 12,736 > 1,675, maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima sedangkan Ho ditolak, (2) Ada pengaruh signifikan penggunaan media pembelajaran Augmented Reality terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di MIN 1 Tulungagung dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 serta nilai thitung > ttabel yaitu 6,307 > 1,675, maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima sedangkan Ho ditolak, dan (3) Ada pengaruh signifikan penggunaan media pembelajaran Augmented Reality terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di MIN 1 Tulungagung dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima sedangkan Ho ditolak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205203198 AZELA KHOIRUN MUNADHIFAH |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 02:12 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 02:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47513 |
Actions (login required)
View Item |