PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PAMUSI (PAPAN MULTIFUNGSI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN PADA SISWA KELAS 2 MI DARUL HUDA NGANTRU TULUNGAGUNG

SYAMROTUL HANA ARINA HUSNA, 126205202079 (2024) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PAMUSI (PAPAN MULTIFUNGSI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN PADA SISWA KELAS 2 MI DARUL HUDA NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (375kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Penerapan Media Pembelajaran Pamusi (Papan Multifungsi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian Kelas 2 Di MI Darul Huda Ngantru Tulungagung ini ditulis oleh Syamrotul Hana Arina Husna. NIM: 126205202079, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. Musrikah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran Pamusi, Hasil Belajar, Perkalian SD/MI Pembelajaran matematika selama ini terkesan sulit dan menakutkan bagi peserta didik. Penyampaian materi yang bersifat verbal dan prosedural membuat siswa mudah merasa bosan dan tidak tertarik untuk belajar matematika. Hal tersebut berdampak pada nilai matematika siswa menjadi rendah. Dalam hal ini perlu adanya perbaikan pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada materi perkalian. Untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan diperlukan adanya media pembelajaran guna merangsang perhatian dan minat belajar siswa. Salah satu media pembelajaran matematika yang dapat digunakan, yaitu media pembelajaran pamusi (papan multifungsi). Tujuan Penelitian dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan media pembelajaran pamusi (papan multifungsi) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi perkalian kelas 2 di MI Darul Huda Ngantru Tulungagung. (2) mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada materi perkalian dengan menggunakan media pembelajaran pamusi (papan multifungsi) siswa kelas 2 di MI Darul Huda Ngantru Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan di MI Darul Huda Ngantru Tulungagung. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif untuk mengukur rata-rata nilai siswa dan analisis kualitatif untuk mengetahui presentase ketuntasan siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini dilihat dari hasil belajar matematika minimal 75% dari jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang ditetapkan yaitu 75. Hasil penelitian penelitian ini yaitu (1) dalam penerapan media pembelajaran pamusi pada pembelajaran matematika menggunakan langkah-langkah berikut: a) perencanaan, b) pelaksanaan, c) tindak lanjut, (2) hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Dari data prasiklus rata-rata nilai siswa yaitu 60. Setelah mendapat tindakan pada sikus 1 rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 66. Kemudian pada siklus 2 rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan yaitu 82,4.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202079 SYAMROTUL HANA ARINA HUSNA
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:10
Last Modified: 26 Jun 2024 04:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47563

Actions (login required)

View Item View Item