SISTEM BAGI HASIL ANTARA JURU PARKIR DENGAN DINAS PERHUBUNGAN DALAM PENDAPATAN PARKIR PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Kabupaten Tulungagung)

MUHAMMAD FAUZANNATIF, 126101202134 (2024) SISTEM BAGI HASIL ANTARA JURU PARKIR DENGAN DINAS PERHUBUNGAN DALAM PENDAPATAN PARKIR PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (938kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (969kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Muhammad Fauzannatif 126101202134 Sistem Bagi Hasil Antara Juru Parkir dengan Dinas Perhubungan dalam Pendapatan parkir di Kabupaten Tulungagung Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah, 2024, Pembimbing: Asrop Syafi’i, M. Ag. Kata kunci: Sistem Bagi Hasil, Juru Parkir, Dinas Perhubungan, Pendapatan parkir Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kerjasama antara juru parkir dengan Dinas Perhubungan dalam menjaga ketertiban dan keamanan kendaraan di Kabupaten Tulungagung yang pastinya terdapat sistem bagi hasil yang dilakukan didalam kerjasamanya. Fokus Penelitian pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana sistem bagi hasil antara juru parkir dengan dinas perhubungan di Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimana sistem bagi hasil antara juru parkir dengan dinas perhubungan di Kabupaten Tulungagung perspektif hukum islam?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui sistem bagi hasil antara juru parkir dengan dinas perhubungan di Kabupaten Tulungagung (2) Untuk mengetahui sistem bagi hasil antara juru parkir dengan dinas perhubungan di Kabupaten Tulungagung perspektif hukum islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan penelitian adalah dengan penelitian lapangan untuk menemukan secara khusus dan realistis informasi terkait sistem bagi hasil. Teknik pengempulan data yang digunakan adalah observasi dengan melakukan pengamatan secara langsung di lapangan, wawancara dengan para narasumber untuk mendapatkan data penelitian, studi pustaka yakni mencari sumber pustaka untuk menujang data yang berasal dari narasumber, dan dokumentasi berupa foto-foto sebagai bukti adanya penelitian. Hasil penelitian pada penelitian ini adalah (1) Pada penetapan tarif retribusi parkir di Kabupaten Tulungagung telah disesuaikan dengan peraturan daerah dan kondisi kabupaten Tulungagung. Pembagian hasil untuk parkir khusus tetap di tempat - tempat pusat perbelanjaan adalah 50% untuk pelaksana yaitu juru parkir dan 50% untuk Dinas Perhubungan. 2) Pada penetapan tarif retribusi di Kabupaten Tulungagung telah terhindar dari unsur riba yang dibuktikan dengan tidak adanya penambahan tarif selain yang ditentukan. Sistem bagi yang dilakukan adalah bagi hasil musyarakah dengan rukun dan syarat yang telah terpenuhi sebagaimana mestinya, salah satunya adil dan tidak ada yang terdzalimi sehingga pelaksanaan bagi hasilnya juga sudah memenuhi nilai - nilai islami.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101202134 MUHAMMAD FAUZANNATIF
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:31
Last Modified: 26 Jun 2024 04:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47575

Actions (login required)

View Item View Item