PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII DI MTS SUNAN KALIJOGO MOJO KEDIRI

SITI NURKHOLIFAH, 12204193081 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII DI MTS SUNAN KALIJOGO MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi SPLDV Kelas VIII di MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri” ini ditulis oleh Siti Nurkholifah, NIM. 12204193081, pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata kunci: Model Pembelajaran Treffinger, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Penelitian ini didasarkan pada beberapa hal antara lain kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran, siswa belum terbiasa dengan soal-soal pemecahan masalah dan siswa juga kesulitan dalam memahami permasalahan yang terdapat dalam soal matematika. Dengan adanya permasalahan tersebut diperlukan adanya suatu pembaharuan dalam proses pembelajaran salah satunya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat membantu untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam memecahkan masalah matematika adalah model pembelajaran Treffinger. Model pembelajaran Treffinger merupakan model pembelajaran yang mengajak siswa berpikir kreatif dalam menghadapi masalah dimana tahapannya dimulai dari tahap pengenalan terhadap masalah, kemudian menerapkan ketrampilan yang telah dipelajari, dan menerapkan ketrampilan yang dipelajari pada dua tahap sebelumnya terhadap tantangan pada dunia nyata. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi SPLDV kelas VIII di MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. (2) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi SPLDV kelas VIII di MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif quasi experiment. Dengan desain posttest only control design. Populasi pada penelitian ini adalah 407 siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah simple random sampling. Adapun sampel pada penelitian adalah kelas VIII F dan VIII G, dimana kelas VIII F sebagai kelas eksperimen berjumlah 34 siswa sedangkan kelas VIII G sebagai kelas kontrol berjumlah 34 siswa. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan model pembelajaran Treffinger sedangkan pada kelas kontrol diberikan perlakuan model pembelajaran saintifik. Pada penelitian ini menggunakan dua metode pengumpulan data yaitu dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis uji independent sample t test dan uji effect size cohen’s. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Ada pengaruh dalam penerapan model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi SPLDV kelas VIII di MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. Hal tersebut ditunjukkan pada pengolahan data diperoleh nilai thitung sebesar 6,461 > ttabel 1,9965. Kemudian Sig(2-tailed) 0,000 < 0,05 serta rata rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas kontrol kurang dari ratarata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen. Hal itu ditunjukkan dari nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 72,3235 sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 84,4706. (2) Besar pengaruh model xix pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi SPLDV kelas VIII di MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri sebesar 1,614 atau 94,5% yang tergolong large atau besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193081 SITI NURKHOLIFAH
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:16
Last Modified: 27 Jun 2024 03:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47599

Actions (login required)

View Item View Item