TRI WULANSARI, 126208201032 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMPN 3 KEDUNGWARU. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
Text
COVER.pdf Download (883kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (322kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (823kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (458kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (749kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (368kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaaan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 3 Kedungwaru” ini di tulis oleh Tri Wulansari, NIM 126208201032, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Biologi, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Muhammad Iqbal Filayani, M.Si. Kata Kunci : Hasil belajar, LKPD, Minat, Problem Based Learning Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam memahami konsep atau materi pencemaran lingkungan yang diajarkan, dan proses pembelajaran yang cenderung membosankan. Proses pembelajaran yang masih menggunakan bahan ajar kovensional, dengan berjalan searah, berpusat pada guru dan kurang melibatkan siswa dalam mengajar. Hal tersebut akan berdampak pada rendahnya minat peserta didik dalam belajar sehingga akan mempengaruhi keaktifannya dalam kelas. Peran pendidik dalam kelas diharapkan mampu mengembangkan keterampilan dalam menerapkan media pembelajaran yang sesuai dengan materi sehingga minat belajar dapat tumbuh dan hasil belajar peserta didik akan lebih optimal. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Untuk menganalisis pengaruh penggunaaan LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi pencemaran lingkungan terhadap minat belajar siswa kelas VII di SMPN 3 Kedungwaru. 2) Untuk menganalisis pengaruh penggunaaan LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 3 Kedungwaru. 3) Untuk menganalisis pengaruh penggunaaan LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi pencemaran lingkungan terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 3 Kedungwaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah eksperimen semu atau quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket, tes, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data minat belajar peserta didik. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik, sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh dokumentasi kegiatan di kelas VII sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan LKPD berbasis problem based learning dengan minat belajar. Hal ini berdasarkan hasil uji Independent Sample t-tests yang diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05 maka H_0 ditolak dan H_a diterima, sehingga ada pengaruh penggunaan LKPD dengan minat belajar. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan LKPD berbasis probem based learning dengan hasil belajar. Hal ini berdasarkan hasil uji independent sample t-test menggunakan nilai N-Gain yang diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05 maka H_0 ditolak dan H_a diterima, sehingga ada pengaruh penggunaan LKPD berbasis problem based learning dengan hasil belajar. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan LKPD berbasis probem based learning dengan minat dan hasil belajar. Hal ini berdasarkan hasil uji manova menggunakan hasil angket dan nilai N-Gain yang diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05 maka H_0 ditolak dan H_a diterima, sehingga penggunaan LKPD berbasis probem based learning berpengaruh pada minat dan hasil belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi > Lingkungan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208201032 TRI WULANSARI |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 06:54 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 06:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47615 |
Available Versions of this Item
Actions (login required)
View Item |