ANGGITA EKA PUTRI, 126201202074 (2024) IMPLEMENTASI PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMPN 3 KEDUNGWARU. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (994kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (140kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (165kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (189kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (565kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Pendekatan Student Centered Learning (SCL) pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Mengingkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMPN 3 Kedungwaru” ini ditulis oleh Anggita Eka Putri, NIM 126201202074, pembimbing Prof. Dr. Nur Kholis, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Pendekatan Student Centered Learning, Percaya Diri. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya kepercayaan diri siswa yang menyebabkan kurangnya keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran, malu bertanya, sulit mengungkapkan pendapat. Sebelumnya guru menggunakan pendekatan teacher centered learning dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Sehinggaa sebagian besar siswa kurang percaya diri dalam berkontribusi selama pembelajaran. Dalam hal ini peneliti menerapkan pendekatan Student Centered Learning untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMPN 3 Kedungwaru. Tujuan adanya penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses implementasi pendekatan student centered learning pada pelajaran pendidikan agama islam. (2) Mendeskripsikan relevansi implementasi pendekatan student centered learning pada pelajaran pendidikan agama islam dengan peningkatan kepercayaan diri siswa. (3) Mendeskripsikan evaluasi implementasi pendekatan student centered learning pada pelajaran pendidikan agama islam dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitiannya di SMPN 3 Kedungwaru, karena sesuai dengan topik yang diteliti. Sumber datanya berasal dari guru Pendidikan Agama Islam, Waka kurikulum, dan siswa kelas VII A. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan uji kredibilitas dengan menggunakan triangulasi, perpanjangan pengamatan, dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini adalah, (1) Proses implementasi pendekatan student centered learning pada pelajaran pendidikan agama islam dilakukan mulai perencanaan dengan menyusun modul ajar baru pelaksanaannya dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan student centered learning. (2) Relevansi implementasi pendekatan student centered learning pada pelajaran pendidikan agama islam dengan peningkatan kepercayaan diri siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan student centered learning diantaranya model small group discussion, self directed learning, dan cooperative learning. (3) Evaluasi implementasi pendekatan student centered learning pada pelajaran pendidikan agama islam dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa dilakukan dengan tes maupun non tes, memaksimalkan fasiltas yang ada serta lebih memhami karakter siswa sehingga lebih mudah mengaplikasikan suatu program.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201202074 ANGGITA EKA PUTRI |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 07:07 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 07:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47694 |
Actions (login required)
View Item |