HUBUNGAN MINAT BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR AL-QUR'AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs MIFTAAHUL ULUUM SUTOJAYAN BLITAR

DARIS FIL'AFIYAH, 126201202114 (2024) HUBUNGAN MINAT BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR AL-QUR'AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs MIFTAAHUL ULUUM SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (680kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (327kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Hubungan Minat Belajar, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Sekolah dengan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik Kelas VII di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar”, ini ditulis oleh Daris Fil’Afiyah (126201202114) Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024. Dosen pembimbing Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Minat Belajar, Motivasi Belajar dan Lingkungan Sekolah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penumbuhan minat belajar dan motivasi belajar pada air peserta didik saat proses pembelajaran baik itu dari diri sendiri maupun guru. Minat dan motivasi sebagai penentu arah dalam proses pembelajaran. Selain itu, minimnya perhatian terhadap kondisi dan suasana lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah yang kondusif sangatlah berpengaruh terhadap lancar atau tidaknya proses pembelajaran. Sehingga ketiga hal tersebut sangatlah perlu diperhatikan baik oleh siswa maupun guru. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah antara minat belajar, motivasi belajar, dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas VII MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Apakah ada hubungan minat belajar terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas VII di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar? (2) Apakah ada hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas VII di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar? (3) Apakah ada hubungan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas VII di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar? (4) Apakah ada hubungan minat belajar, motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas VII di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar sejumlah 96 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu jika jumlah populasinya kurang dari 100 orang, jumlah sampelnya diambil secara keseluruhan, maka sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 96 peserta didik. Analisis data yang digunakan dengan uji regresi linear berganda untuk menguji hipotesis dari variabel minat belajar (X1), motivasi belajar (X2), dan lingkungan sekolah (X3) terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits (Y). Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Ada hubungan positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas VII di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar. Dengan hasil nilai thitung = 2,337 dan nilai ttabel = 1,986 sehingga thitung > ttabel. Taraf signifikansi 0,022 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas VII di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar. Dengan hasil nilai thitung = 2,375 dan nilai ttabel = 1,986 sehingga thitung > ttabel. Taraf signifikansi 0,020 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H2 diterima. (3) Ada hubungan positif dan signifikan antara lingkungan sekolah terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas VII di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar. Dengan hasil nilai nilai thitung = 7,977 dan nilai ttabel = 1,986 sehingga thitung > ttabel. Taraf signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H3 diterima. (4) Ada hubungan positif dan signifikan antara minat belajar, motivasi belajar, dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas VII di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar. Dengan hasil nilai fhitung = 53,220 dan nilai ftabel = 2,704 sehingga fhitung > ftabel. Taraf signifikansi 0,000 > 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H4 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202114 DARIS FIL'AFIYAH
Date Deposited: 28 Jun 2024 01:46
Last Modified: 28 Jun 2024 01:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47708

Actions (login required)

View Item View Item