PERAN GURU TAHFIDZ DALAM MENGEMBANGKAN PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI MA AL-ISHLAH ISLAMIC BOARDING SCHOOL DI DESA SENDANGAGUNG KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN

HADIFA AZIMATUL QUR'ANI, 126201203294 (2024) PERAN GURU TAHFIDZ DALAM MENGEMBANGKAN PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI MA AL-ISHLAH ISLAMIC BOARDING SCHOOL DI DESA SENDANGAGUNG KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (520kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (55kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (994kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (80kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Tahfidz dalam Mengembangkan ProgramTahfidzul Qur’an di MA Al-Ishlah Islamic Boarding School Sendangagung Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan” ini ditulis oleh Hadifa Azimatul Qur’ani, NIM 126201203294, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) yang dibimbing oleh Ibu Rohmah Ivantri, M.Pd.I Kata Kunci: Peran Guru, Tahfidz, Program Tahfidzul Qur’an Menghafal Al-Qur’an dinilai tidak mudah khususnya bagi anak-anak, karena pada usia ini banyak anak yang lebih memilih bermain dibandingkan belajar, apalagi menghafal Al-Qur’an Di sisi lain, sering terlihat para Hafidz Al-Qur'an merasa jenuh mempelajari AlQur’an sehingga mereka menyerah dan tidak bisa menghafal lagi. Maka dari itu, peran pendidikan sangat penting untuk menunjang berbagai program yang berkaitan dengan hafalanAl-Qur’an. Dan juga peran guru (pendidik) sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran ini yang memiliki tanggung jawab besar dalam membimbing siswa mencapai tujuan hafalan dan pemahaman Al-Qur’an. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan peran guru Tahfidz sebagai pendidik dalam mengembangkan program Tahfidzul Qur’an di MA Al Ishlah. (2) Untuk mendeskripsikan peran guru Tahfidz sebagai pembimbing dalam mengembangkan program Tahfidzul Qur’an di MA Al Ishlah. (3) Untuk mendeskripsikan peran guru Tahfidz sebagai motivator dalam mengembangkan program Tahfidzul Qur’an di MA Al Ishlah. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif jenis analisis deskriptif. Teknik yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu, analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Kemudian untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Peran guru sebagai pendidik dalam mengembangkan program tahfidz di MA Al-Ishlah yaitu peran guru sebagai pendidik itu bukan sekedar mengajar tetapi juga membentuk karakter peserta didik menjadi lebih baik, menjadikan peserta didik berakhlak Qur’ani dan bertanggung jawaban terhadap tindakannya, Guru juga harus punya rasa tanggung jawab terhadap pendidikan peserta didik. (2) Peran guru sebagai pembimbing dalam mengembangkan program tahfidz di MA Al-Ishlah yaitu harus meluangkan sebagian waktu diluar kelas agar bisa membina atau membimbing peserta didik supaya hafalannya meningkat. lebih menekankan kepada tugas dalam memberikan bantuan untuk menyelesaikan persoalan dan masalah yang dihadapi peserta didik, dan harus senantiasa menjalin hubungan baik dengan peserta didiknya. (3) Peran guru sebagai motivator dalam mengembangkan program tahfidz di MA Al-Ishlah yaitu guru sebagai motivator itu harus membangkitkan semangat dan minat peserta didik dalam menghafal AlQur’an Guru juga memberikan pujian maupun dengan ada hadiah ditujukan agar peserta didik dapat termotivasi untuk terus menambah hafalan Al-Qur’an setiap harinya. Dengan memberikan pujian maupun hadiah, memberikan pemahaman dengan sentuhan hati peserta didik dan mendoakan agar peserta didik rajin menghafal Al-Qur’an dapat meningkatkan motivasi menghafal peserta didik menjadi lebih rajin dan semangat menghafal Al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203294 HADIFA AZIMATUL QUR'ANI
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:45
Last Modified: 03 Jul 2024 02:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47709

Actions (login required)

View Item View Item