LELY FITROTUL INDANA, 126201202158 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS X DI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (715kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (842kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (426kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X di MAN 1 Trenggalek” ditulis oleh Lely Fitrotul Indana, NIM. 126201202158, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Student Team Achievement Division, Hasil Belajar, Fikih. Penelitian ini dilatarbelakagi oleh teori yang diugkapkan oleh Slavin yang menyatakan bahwa model STAD dapat mendorong siswa untuk saling bekerjasama dalam menguasai keterampilan yang diajarkan oleh guru. Model pembelajaran ini sederhana dan mudah diterapkan oleh guru yang baru menggunakan pendekatan kooperatif. Dengan model STAD memudahkan guru dalam meningkatkan hasil belajar baik ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Oleh karena itu, peneliti bermaksud menguji teori tersebut melalui penelitian yang dilakukan di MAN 1 Trenggalek yang telah menggunakan model pembelajaran kooperatif. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar ranah kognitif peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas X di MAN 1 Trenggalek?, (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar ranah afektif peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas X di MAN 1 Trenggalek?, (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar ranah psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas X di MAN 1 Trenggalek? Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis pendekatan Quaisy Eksperimental design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X berjumlah 359 siswa. Sampel yang digunakan digunakan adalah kelas X C sebagai kelas eksperimen dan X D sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing 18 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar ranah kognitif peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas X di MAN 1 Trenggalek. Dibuktikan nilai signifikansi sebesar 0,001<0,05, (2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar ranah afektif peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas X di MAN 1 Trenggalek Dibuktikan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05, (3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar ranah psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas X di MAN 1 Trenggalek. Dibuktikan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Seingga H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201202158 LELY FITROTUL INDANA |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 03:13 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 03:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47710 |
Actions (login required)
View Item |