PENGGUNAAN MEDIA TANGGA PINTAR SATUAN PANJANG DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MIN 5 TULUNGAGUNG

ANESA WINDHI LESTARI, 126205201047 (2024) PENGGUNAAN MEDIA TANGGA PINTAR SATUAN PANJANG DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MIN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (914kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (616kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (442kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul, “Penggunaan Media Tangga Pintar Satuan Panjang Dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di MIN 5 TULUNGAGUNG” ditulis oleh Anesa Windhi Lestari, NIM 126205201047, Pembimbing Dr. Moh Arif, M. Pd. Kata Kunci: Tangga Pintar Satuan Panjang, Keterampilan Belajar Siswa, Matematika Media pembelajaran memiliki peran yang penting dalam membantu proses pembelajaran oleh guru di kelas terutama untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa. Salah satu media pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran matematika yaitu penggunaan media tangga pintar satuan panjang dimana media pembelajaran tiga dimensi yang dibuat secara konkrit untuk mengubah satuan panjang. Media pembelajaran ini dibuat dengan bentuk dan warna yang menarik sehingga membuat siswa tertarik dalam proses pembelajaran. Media Tangga Pintar bertujuan untuk membantu siswa untuk mengubah atau mengonversi satuan panjang. Metode dari penelitian ini didasarkan pada data yang diperoleh di lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data peneliti melakukan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa telah diketahui: (1) Desain penggunaan media tangga pintar satuan panjang dalam meningkatkan keterampilan belajar siswa pada pembelajaran matematika di MIN 5 Tulungagung yaitu meningkatkan keterampilan belajar siswa pada pembelajaran matematika dapat dilaksanakan dengan beberapa tahap yang pertama penyesuaian tema pembelajaran, mempersiapkan perangkat, menyiapkan materi ajar. (2) Pelaksanaan penggunaan media tangga pintar satuan panjang dalam meningkatkan keterampilan belajar siswa pada pembelajaran matematika di MIN 5 Tulungagung yaitu lebih memudahkan guru saat menyampaikan materi pembelajaran dan memudahkan murid saat memahami materi pembelajaran serta membuat peserta didik fokus mengamati media dan mampu memahami materi yang disampaikan oleh guru. (3) Dampak penggunaan media tangga pintar satuan panjang dalam meningkatkan keterampilan belajar siswa pada pembelajaran matematika di MIN 5 Tulungagung yaitu guru lebih kreatif dalam menyampaikan materi serta peserta didik lebih cepat paham. serta hasil belajar siswa semakin meningkat saat belajar menggunakan media melatih siswa berfikir kreatif, jika dilakukan terus-menerus siswa akan lebih cepat memahami materi yang telah disampikan pada guru

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201047 ANESA WINDHI LESTARI
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:22
Last Modified: 09 Jul 2024 08:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47715

Actions (login required)

View Item View Item