IKHWAN SAIFUDDIN, 126201203204 (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM MEMBENTUK SIKAP TOLERANSI DI SMKN 1 MOJOKERTO. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (282kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Membentuk Sikap Toleransi di SMKN 1 Mojokerto” yang ditulis oleh Ikhwan Saifuddin, NIM 126201203204, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Bapak Moh. Ali Abdul Shomad Very Eko Atmojo., S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Internalisasi, Nilai-Nilai, Moderasi Beragama, Sikap Toleransi Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kejadian di kehidupan siring perkembangan zaman terdapat banyak perbedaan-perbedaan yang tentu memiliki prinsip masing-masing. Dengan adanya perbedaan harus dapat disikapi dengan baik untuk menghindari problematika. Maka benar adanya dapat dilakukan sikap moderat beragama sehingga menumbuhkan dan meningkatkan sikap toleransi antar umat beragama dalam hal ini pada peserta didik. Fokus Penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Proses Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Membentuk Sikap Toleransi Menghargai Perbedaan Keyakinan di SMKN 1 Mojokerto? (2) Bagaimana Proses Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Membentuk Sikap Toleransi Menghargai Perbedaan Pendapat di SMKN 1 Mojokerto? (3) Bagaimana Proses Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Membentuk Sikap Toleransi Perilaku Saling Menyayangi di SMKN 1 Mojokerto? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dimana peneliti menggali data dengan meneliti manusia, keadaan atau gejala lainnya yang berhubungan dengan tema peneliti. Dengan Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian pada teknik keabsahan data dengan pengecekan melalui kredibilitas, triangulasi, pengecekan teman sejawat, dan pengajuan konfirmabilitas. Selanjutnya terdapat tahapan-tahapan penelitian melalui tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian ini menggambarkan: (1) Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam membentuk sikap toleransi menghargai perbedaan keyakinan di SMKN 1 Mojokerto. Dari adanya pengajaran tersebut menjadikan siswa dan siswi memiliki sikap untuk kerukunan, tidak mendiskriminasi golongan minoritas, menerapkan rasa kemanusiaan dengan baik dan memupuk ukhuwah wathaniyyah dengan baik. Selanjutnya pihak lembaga juga memberikan wadah untuk siswa dalam merayakan hari besar agamanya seperti perayaan Isra’ Mi’raj, perayaan Natal, dan lainnya. (2) Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam membentuk sikap toleransi menghargai perbedaan pendapat di SMKN 1 Mojokerto. Para guru diharapkan untuk melaksanakan metode pembelajaran dengan diskusi, siswa diberikan kebebasan dalam berpendapat selama tidak melenceng dari tema bahasan dan tidak ada unsur sarkas. Maka guru juga harus memberikan contoh mengenai sikap menghargai perbedaan pendapat dengan tidak memihak salah satu kubu siswa yang mayoritas maupun minoritas. Sehingga dalam perbedaan dapat terjadi toleransi dengan merangkul satu sama lain, respect, dan munculnya saran-saran yang membangun. (3) Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam membentuk sikap toleransi perilaku saling menyayangi di SMKN 1 Mojokerto. xx Diawali dengan suri tauladan dan pembiasaan oleh guru mengenai tindakan-tindakan seperti saling tolong menolong, kebersamaan, gotong royong, dan lainnya pada saat pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Hal tersebut dapat ditiru oleh siswa/siswi di sekolah sehingga tercipta kehidupan yang harmonis, mengayomi, kerukunan, saling tenggang rasa, dan semangat kebersamaan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201203204 IKHWAN SAIFUDDIN |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 08:48 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 08:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47719 |
Actions (login required)
View Item |