PENGARUH PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK, PROFESIONALISME GURU, DAN IKLIM MADRASAH TERHADAP MUTU PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH SE-KKM KEDIRI JAWA TIMUR 08

MUCHAMMAD IRFAN EFFENDI, 1880501220010 (2024) PENGARUH PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK, PROFESIONALISME GURU, DAN IKLIM MADRASAH TERHADAP MUTU PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH SE-KKM KEDIRI JAWA TIMUR 08. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (689kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik, Profesionalisme Guru dan Iklim Madrasah terhadap Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah se-KKM Kediri Jawa Timur 08” ini ditulis oleh Muchammad Irfan Effendi dengan Pembimbing Prof. Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. dan Dr. Imam Junaris, S.Ag., M.H.I. Kata Kunci: Supervisi Akademik, Profesionalisme Guru, Iklim Madrasah, Mutu pendidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi karena pentingnya mutu pendidikan yang memberikan dampak luas bagi siswa, lembaga pendidikan itu sendiri, maupun masyarakat. Mutu pendidikan dipengaruhi berbagai faktor beberapa diantaranya profesionalisme guru, pelaksanaan supervise dan iklim madrasah. Mutu pendidikan yang berkualitas akan membantu menghasilkan siswa yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang lebih baik. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Seberapa baik supervisi akademik (X1), profesionalisme guru (X2), iklim madrasah (X3) dan mutu pendidikan (Y) di Madrasah Aliyah se-KKM Kediri Jawa Timur 08?; (2) Apakah ada pengaruh X1 terhadap X2?; (3) Apakah ada pengaruh X1 terhadap X3?; (4) Apakah ada pengaruh X2 terhadap X3?; (5) Apakah ada pengaruh X1 terhadap Y?; (6) Apakah ada pengaruh X2 terhadap Y?; (7) Apakah ada pengaruh X3 terhadap Y?; (8) Apakah ada pengaruh secara tidak langsung antara X1 terhadap X3 melalui X2?; (9) Apakah ada pengaruh secara tidak langsung antara X1 terhadap Y melalui X2?; (10) Apakah ada pengaruh secara tidak langsung antara X1 terhadap Y melalui X3?; (11) Apakah ada pengaruh secara tidak langsung antara X2 terhadap Y melalui X3?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif ditinjau dari tingkat eksplanasinya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian korelasi, penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan sebab akibat suatu variabel dengan variabel-variabel lain. Teknik pengumpulan data dalam tesis ini menggunakan penyebaran kuesioner tertutup, disediakan jawabannya untuk dipilih menurut apa yang dianggap sesuai dengan pendapat dan keyakinan responden. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Hasil uji deskriptif didapatkan sebagai berikut: (a) Kondisi Pelaksanaan Supervisi akademik di MA se-KKM Kediri Jawa Timur 08 secara umum dalam kategori “Cukup Baik”; (b) profesionalisme guru di MA se-KKM Kediri Jawa Timur 08 secara umum dalam kategori “Cukup Baik”; (c) keadaan iklim madrasah di MA se-KKM Kediri Jawa Timur 08 secara umum dalam kategori “Cukup Baik”; (d) mutu pendidikan di MA se-KKM Kediri Jawa Timur 08 secara umum dalam kategori “Cukup Baik”; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan supervisi akademik terhadap profesionalisme guru yang ditunjukkan oleh nilai t¬hitung 15,277 > ttabel 1,974 dan Sig 0,000 < 0,05. Besar kontribusi pengaruhnya adalah 59,6%. Artinya, semakin baik supervisi akademik maka semakin baik pula profesionalisme guru; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan supervisi akademik terhadap iklim madrasah yang ditunjukkan oleh nilai t¬hitung 15,138 > ttabel 1,974 dan Sig 0,000 < 0,05. Besar kontribusi pengaruhnya adalah 59,2%. Artinya, semakin baik supervisi akademik maka semakin baik pula iklim madrasah; (4) Terdapat pengaruh yang signifikan profesionalisme guru terhadap iklim madrasah yang ditunjukkan oleh nilai t¬hitung 20,160 > ttabel 1,974 dan Sig 0,000 < 0,05 sehingga. Besar kontribusi pengaruhnya adalah 72,0%. Artinya, semakin baik profesionalisme guru maka semakin baik pula iklim madrasah; (5) Terdapat pengaruh yang signifikan supervisi akademik terhadap mutu pendidikan yang ditunjukkan oleh nilai t¬hitung 3,597 > ttabel 1,974 dan Sig 0,000 < 0,05. Besar kontribusi pengaruhnya adalah 7,6%. Artinya, semakin baik supervisi akademik maka semakin baik pula mutu pendidikan di madrasah tersebut; (6) Terdapat pengaruh yang signifikan profesionalisme guru terhadap mutu pendidikan yang ditunjukkan oleh nilai t¬hitung 4,392 > ttabel 1,974 dan Sig 0,000 < 0,05. Besar kontribusi pengaruhnya adalah 10,9%. Artinya, semakin baik profesionalisme guru maka semakin baik pula mutu pendidikan di madrasah tersebut; (7) Terdapat pengaruh yang signifikan iklim madrasah terhadap mutu pendidikan yang ditunjukkan oleh nilai t¬hitung 4,364 > ttabel 1,974 dan Sig 0,000 < 0,05. Besar kontribusi pengaruhnya adalah 10,8%. Artinya, semakin baik iklim madrasah maka semakin baik pula mutu pendidikan di madrasah tersebut; (8) Terdapat pengaruh tidak langsung antara X1 terhadap X3 melalui X2 dibuktikan dengan nilai pengaruh langsung 0,769 < pengaruh tidak langsung sebesar 1,424. Hasil ini menunjukkan bahwa secara tidak langsung X1 melalui X2 mempunyai pengaruh signifikan terhadap X3; (9) Terdapat pengaruh tidak langsung antara X1 terhadap Y melalui X2 dibuktikan dengan nilai pengaruh langsung sebesar 0,275 < tidak langsung sebesar 0,529. Hasil ini menunjukkan bahwa secara tidak langsung X1 melalui X2 mempunyai pengaruh signifikan terhadap Y; (10) Terdapat pengaruh tidak langsung antara X1 terhadap Y melalui X3 dibuktikan dengan nilai pengaruh langsung sebesar 0,275 < pengaruh tidak langsung sebesar 0,527. Hasil ini menunjukkan bahwa secara tidak langsung X1 melalui X3 mempunyai pengaruh signifikan terhadap Y; (11) Terdapat pengaruh tidak langsung antara X2 terhadap Y melalui X3 dibuktikan dengan nilai pengaruh langsung sebesar 0,330 < pengaruh tidak langsung sebesar 0,608. Hasil ini menunjukkan bahwa secara tidak langsung X2 melalui X3 mempunyai pengaruh signifikan terhadap Y.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501220010 MUCHAMMAD IRFAN EFFENDI
Date Deposited: 03 Jul 2024 03:32
Last Modified: 03 Jul 2024 03:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47755

Actions (login required)

View Item View Item