ROSYIDAH KHANIATUN NISA', 126201203290 (2024) PELAKSANAAN MADRASAH DINIYAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MTSN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (132kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (797kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pelaksanaan Madrasah Diniyah dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di MTsN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Rosyidah Khaniatun Nisa’, NIM. 126201203290, Progam Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), UIN SATU Tulungagung, Pembimbing Rohmah Ivantri, M.Pd.I. Kata Kunci: Madrasah Diniyah, Karakter Religius Pembelajaran menjadi salahsatu tempat yang sesuai untuk mengembangkan kemampuan akademis, juga untuk membentuk karakter dan nilai-nilai moral siswa. Menerapkan karakter yang baik termasuk bagian dari budaya sekolah. Dengan demikian diadakannya sebuah progam keagamaan yang juga mendukung sebagai salahsatu upaya pembentukan karakter religius siswa, yakni madrasah diniyah dengan tujuan agar siswa memiliki peningkatan agama dan akhlak yang baik sesuai dengan harapan para guru dan juga orang tua. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana konsep madrasah diniyah dalam membentuk karakter religius siswa di MTsN 5 Tulungagung, (2) Bagaimana aktivitas madrasah diniyah dalam membentuk karakter religius siwa di MTsN 5 Tulungagung, (3) Bagaimana upaya tindak lanjut madrasah diniyah dalam membentuk karakter religius siswa di MTsN 5 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu, analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Selanjutnya, untuk untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dan diakhiri dengan member check. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konsep madrasah diniyah dalam membentuk karakter religius siswa di MTsN 5 Tulungagung adalah dengan mengadakan rapat sehingga menghasilkan penetapan tujuan dan kegiatan yang akan dilaksanakan, berupa pengelompokkan kelas, penentuan kitab, alokasi waktu, spesifikasi guru, dan memilih metode yang tepat sesuai kelas madrasah diniyah, (2) Aktivitas madrasah diniyah dalam membentuk karakter religius siswa di MTsN 5 Tulungagung adalah terikat dengan waktu belajar yang dimulai setiap hari selasa-kamis pukul 06.50-07.40, adanya tata tertib yang wajib ditaati oleh seluruh siswa, dan sistem pelaksanaan kelas tahfidz dan kitab dimulai dengan melakukan doa, menggunakan metode yang tepat, dan memberikan motivasi di sela-sela pembelajaran, (3) Tindak lanjut madrasah diniyah dalam membentuk karakter religius siswa di MTsN 5 Tulungagung adalah menggunakan penilaian harian dan akhir berupa ujian tulis maupun lisan. Penilaian ini menghasilkan capaian siswa, baik pemahaman agama maupun karakter religius. Hasil evaluasi dan pencapaian ini kemudian diserahkan kepada orangtua melalui pertemuan wali murid.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201203290 ROSYIDAH KHANIATUN NISA' |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 05:03 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 05:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47796 |
Actions (login required)
View Item |