PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 NGANTRU

INDANA ZULFA RISQI MU’ALY SAPUTRI, 126201203205 (2024) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 NGANTRU. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (459kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (298kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Perilaku Bullying Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Ngantru” ini ditulis oleh Indana Zulfa Risqi Mu’aly Saputri NIM 126201203205. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Hj. Luluk ‘Atirotu Zahro, S.Ag.,M.Pd. Kata Kunci: Penanaman Nilai-Nilai, Pendidikan Agama Islam, Perilaku Bullying. Penelitian ini didasarkan fenomena maraknya perilaku bullying pada lembaga pendidikan. Perilaku bullying di sekolah semakin lama banyak bermunculan sehingga mempengaruhi lancaranya aktivitas pembelajaran dan prestasi belajar. Sehingga penting adanya pencegahan perilaku bullying bagi siswa. Penanaman nilai-nilai Agama Islam pada peserta didik merupakan salah satu cara untuk mencegah perilaku bullying. Penanaman nilai-nilai agama Islam kepada diri peserta didik dapat dilakukan melalui Pendidikan agama islam yang ada di sekolah. Baik melalui metode pembelajaran Agama Islam yang variatif maupun program-program sekolah yang mendukung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Langkah-langkah menanamkan nilai-nilai Pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku bullying siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Ngantru? (2) Faktor penghambat dan pendukung penanaman nilai-nilai Pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku bullying siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Ngantru? (3) Hasil penanaman nilai-nilai Pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku bullying siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Ngantru? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode induktif dengan alur tahapan Reduksi data, Penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: (1) Langkah-langkah menanamkan nilai-nilai PAI dalam mencegah perilaku bullying di SMPN 1 Ngantru yaitu dengan cara memberikan nasehat, memberikan pembiasaan program keagamaan, dan memberikan kedisiplinan. (2) Fokus penghambat penanaman nilainilai PAI dalam mencegah perilaku bullying di SMPN 1 Ngantru diantaranya faktor lingkungan, keluarga, dan sekolah. Sedangkan faktor pendukung penanaman nilainilai PAI dalam mencegah perilaku bullying diantaranya kesadaran warga sekolah dalam menerapkan nilai-nilai agama, dan materi Pelajaran PAI yang kaya akan nilai. (3) Hasil penanaman nilai-nilai PAI dalam mencegah perilaku bullying di SMPN 1 Ngantru yakni diyakini dengan membentuk nilai keimanan, membentuk nilai religius, dan membentuk nilai akhlak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203205 INDANA ZULFA RISQI MU'ALY SAPUTRI
Date Deposited: 03 Jul 2024 04:01
Last Modified: 03 Jul 2024 04:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47840

Actions (login required)

View Item View Item