HENDY RIFKI SAPUTRA, 126205201050 (2024) PENGARUH PENGALAMAN BULLYING TERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL-BEING (PWB) DAN PRESTASI AKADEMIK PESERTA DIDIK DI MI NURUL HIDAYAH KABUPATEN LAMONGAN. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (350kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (155kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
||
Text
BAB III-1.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (847kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN-8.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Pengalaman Bullying Terhadap Psychological Well-Being (PWB) dan Prestasi Akademik Peserta didik di MI Nurul Hidayah Kabupaten Lamongan” ini ditulis oleh Hendy Rifki Saputra, NIM. 126205201050 dengan pembimbing Ibu Mirna Wahyu Agustina, M.Psi, Psikolog. Kata kunci: Pengalaman Bullying, Psychological Well-Being (PWB), Prestasi Akademik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh teori pengalaman bullying, psychological well-being (PWB) dan prestasi akademik yang dikemukakan oleh Barbara Coloroso, Ryyf C. D., & Keyyes, dan Saifuddin Azwar. Pengalaman bullying memiliki dampak yang signifikan terhadap kesejahteraan mental, penerimaan diri, dan prestasi akademik peserta didik. Terutama pada siswa korban bullying mungkin mengalami kecemasan, penurunan harga diri sehingga siswa kesulitan dalam belajar, berpartisipasi aktif dalam kelas, dan memiliki motivasi yang rendah. Hal ini dapat berdampak pada hasil akademis mereka, menyebabkan penurunan prestasi. Maka dari itu dalam penelitian ini peneliti akan mencari tahu pengaruh pengalaman bullying terhadap psychological well-being dan prestasi akadmik peserta didik. Penelitian dilakukan di MI Nurul Hidayah Kabupaten Lamongan. Rumusan masalah dalam penelitian ini antra lain: (1). Adakah pengaruh pengalaman bullying terhadap Psycological Well-being (PWB) pada peserta didik di MI Nurul Hidayah Kabupaten Lamongan, (2). Adakah pengaruh pengalaman bullying terhadap prestasi akademik pada peserta didik di MI Nurul Hidayah Kabupaten Lamongan, (3). Adakah pengaruh pengalaman bullying terhadap Psycological Well-being (PWB) dan Presentasi Akademik pada peserta didik di MI Nurul Hidayah Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Sampel dalam penelitian ini merupakan 74 siswa/i kelas IV, V dan VI di MI Nurul Hidayah Kabupaten Lamongan yang diperoleh dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur pengalaman bullying dan psychological well-being (PWB) siswa. Instrumen penelitian dikatakan valid apabila telah melalui uji validaitas dan reliabilitas. Prestasi akademik siswa diukur dengan menggunakan dokumentasi berupa nilai rata-rata rapor pada semester ganjil 2023/2024. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis yaitu uji regresi linear sederhana dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1). Ada pengaruh antara Pengalaman Bullying terhadap Psychological Well-Being peserta didik di MI Nurul Hidayah Kabupaten Lamongan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Selain itu dari uji statistik t diperoleh nilai thitung sebesar 24,570 > ttabel 1,993 yang berarti menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara pengalaman bulliying terhadap psychological well-being (PWB) di MI Nurul Hidayah Banyubang Lamongan. Selain itu dilihat dari nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,893, maka dapat disimpulkan bahwa kontribusi variabel X (Pengalaman Buillying) terhadap variabel Y1 (psychological well-being (PWB)) yaitu sebesar 89,3%. ; (2). Ada pengaruh antara Pengalaman Bullying terhadap Prestasi Akademik Peserta didik di MI Nurul Hidayah Kabupaten Lamongan. Berdasarkan hasil analisis data dalam uji regresi linear sederhana dengan SPSS 26.0 telah diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Selain itu dari hasil uji statistik t diketahui nilai thitung sebesar 29,752 > ttabel 1,993 yang berarti menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara Pengalaman Bullying (X) Terhadap Prestasi akademik Siswa (Y2) di MI Nurul Hidayah Banyubang. Selain itu, berdasarkan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,925, yang mengandung arti bahwa variabel X (Pengalaman Buillying) berkontribusi terhadap variabel Y2 Prestasi Akademik adalah 92,5%. ; (3). Ada pengaruh secara bersamaan antara Pengalaman Bullying terhadap Psychological Well-Being dan Prestasi Akademik Peserta didik di MI Nurul Hidayah Kabupaten Lamongan. Berdasarkan dari hasil uji regresi linear sederhana antara variabel X (Pengalaman Buillying) terhadap variabel Y1 (Psychological Well-Being (PWB)) dan uji regresi linear sederhana antara variabel X (Pengalaman Buillying) terhadap variabel Y2 (Prestasi Akademik) masing-masing memperoleh nilai signifikansi sebesar 89,3% dan 92,5%. Dilihat dari nlai signifikansi yang diperoleh dapat dinyatakan bahwa antara variabel X (Pengalaman Buillying) memiliki pengaruh terhadap variabel Y1 (Psychological Well-Being (PWB)) dan Y2 (Prestasi akademik). Adapun hasil uji MANOVA juga memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan secara bersamaan ada pengaruh Pengalaman Bullying terhadap Psychological Well-Being dan Prestasi Akademik Peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bullying Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Prestasi Psikologi > Psikologi pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205201050 HENDY RIFKI SAPUTRA |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 04:32 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 04:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47853 |
Actions (login required)
View Item |