PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

ZIDNY TAHTA ALFIATURROHMAH, 126205201035 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (775kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (734kB)
[img] Text
DAFTAR ISI (1).pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (625kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Text
BAB III (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
BAB VI (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (465kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi berjudul ―Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA di MI Miftahul Huda Banjarjo Rejotangan Tulungagung‖ ditulis oleh Zidny Tahta Alfiaturrohmah, NIM 126205201035. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN SATU Tulungagung, dibimbing oleh Bapak Hafidz Rosydiana, M.Pd. Kata Kunci: Media Audio Visual, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Peserta didik memiliki motivasi belajar yang rendah, yang berdampak pada hasil belajar mereka. Motivasi belajar yang rendah ini disebabkan oleh media pembelajaran yang tidak menarik dan tidak bervariasi. Dengan demikian, peneliti memutuskan untuk menggunakan media audio visual video sebagai alternatif pembelajaran. Rumusan masalah (1) Bagaimana pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V dalam pembelajaran IPA di MI Miftahul Huda Banjarejo? (2) Bagaimana pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPA di MI MIftahul Huda Banjarejo? (3) Bagaimana penggunaan media audio visual terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPA di MI Miftahul Huda Banjarejo? Penelitian mengguankan pendekatan kuantitatif jenis penelitian One Group Pretest-Postettest. Populasi penelitian adalah satu kelas V yang berjulmah 24 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan pengambilan sampel adalah Non probability jenis purposive sampling diberikan perlakuan pre-test dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Uji validasi 0,484>0,444 dikatakan valid karena lebih dari 0,444. Uji reabilitas Cronbach's Alpha 0.856- -1,00 dapat dikatakan sangat reliabel. Uji normalitas 0,178 >0,05 dapat dikatakan normal. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh media audio visual (X) dengan motivasi belajar peserta didik (Y1) di MI Miftahul Huda Banjarejo. (2) uji validitas niali pretest 0,551>0,444 dan posttest 0,666>0,444 dinyatakan valid. Uji reabilitas hasil pretest 0,860- 1,00 dan hasil posttest 0,958-1,00 diaktakan alat ukur dalam penelitian tersebut ―sangat reliabel‖. Uji normalitas data pretest 0,087 > 0,05 dan posttest 0,190>0,05, dapat dikatakan normal karena lebih besar dari 0.05. Uji hipotesis meam yaitu prestest 74.58 dan posttest 82.29 artinya ada perbedaan signifikan antara nilai pretest dan nilai posttest, dapat dikatakan nilai posttest lebih tinggi dari nilai pretest. Sedangkan hasil Paired Samples Test pada nilai Nilai Sig. (2-tailed) 0.000 kurang dari 0,05 Ha di terima. Jadi ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar prestest dengan posttest yang arinya ada pengaruh strategi pembelajaran menggunakan media audio visual (X) terhadap hasil belajar peserta didik (Y2). (3). Uji normalitas 0,178 >0,05 dapat dikatakan normal, Uji hipotesis meam yaitu prestest 74.58 dan posttest 82.29 artinya ada perbedaan signifikan antara nilai pretest dan nilai posttest, Strategi pembelajaran menggunakan media audio visual (X) terhadap motivasi belajar peserta didik (Y1) dan, hasil belajar peserta didik (Y2).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201035 ZIDNY TAHTA ALFIATURROHMAH
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:47
Last Modified: 02 Jul 2024 02:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47874

Actions (login required)

View Item View Item