PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD MELALUI PEMANFAATAN BLOK ALJABAR PADA MATERI PENYELESAIAN PERSAMAAN KUADRAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 01 REJOTANGAN TAHUN AJARAN 2015/ 2016

ENDAH PUTRININGTYAS, 2814123072 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD MELALUI PEMANFAATAN BLOK ALJABAR PADA MATERI PENYELESAIAN PERSAMAAN KUADRAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 01 REJOTANGAN TAHUN AJARAN 2015/ 2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (949kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Melalui Pemanfaatan Blok Aljabar Pada Materi Penyelesaian Persamaan Kuadrat Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA N 01 Rejotangan Tahun Ajaran 2015/ 2016” ini ditulis oleh Endah Putriningtyas, NIM. 2814123072, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD, Blok Aljabar, Hasil Belajar Pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD merupakan model pembelajaran secara berkelompok yang menekankan pada aktivitas dan interaksi siswa. Model pembelajaran ini dikembangkan untuk mencapai hasil belajar berupa prestasi akademik, toleransi, menerima keragaman, dan pengembangan ketrampilan sosial. Dengan menggunakan model pembelajaran ini siswa akan saling mengenal dan mempercayai, mampu berkomunikasi akurat dan tidak ambisius, saling menerima dan saling mendukung, serta mampu menyelesaikan masalah secara kontruktive. Dalam hal tersebut peneliti ingin mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD melalui Blok Aljabar pada materi persamaan kuadrat dalam hasil belajar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe STAD melalui pemanfaatan Blok Aljabar pada materi penyelesaian persamaan kuadrat terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Rejotangan? (2) Seberapa besarkah pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe STAD melalui pemanfaatan Blok Aljabar pada materi penyelesaian persamaan kuadrat terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Rejotanga?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe STAD melalui pemanfaatan Blok Aljabar pada materi penyelesaian persamaan kuadrat terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Rejotangan dan sebesar pengaruh model pembelajaran tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuesi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Rejotangan dan sampel yang diambil ada dua kelas yaitu kelas X-B menjadi kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa, dan kelas X-A menjadi kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Lembar observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan peneliti sebelum penelitian maupun selama penelitian berlangsung. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD melalui pemanfaatan Blok Aljabar dan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji t. Besar pengaruh dalam penelitian ini menggunakan tabel kriteria interpretasi. Dari perhitungan statistik t diperoleh thitung = 5,37 dengan db = 48 pada taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 2,01063. Oleh karena thitung > ttabel yaitu 5,37 > 2,01063. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak sehingga ada pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe STAD melalui pemanfaatan Blok Aljabar pada materi penyelesaian persamaan kuadrat terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Rejotangan tahun ajaran 2015/ 2016. Besarnya pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD melalui pemanfaatan Blok Aljabar pada materi penyelesaian persamaan kuadrat terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Rejotangan tahun ajaran 2015/ 2016 adalah 10,27 %, berada pada interval 0% - 39% yaitu berinterpretasi rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123072 ENDAH PUTRININGTYAS
Date Deposited: 08 Feb 2017 06:49
Last Modified: 08 Feb 2017 06:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4788

Actions (login required)

View Item View Item