IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN UMMI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 JOMBANG

SITI ROBIATUL ADAWIYAH, 126205201007 (2024) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN UMMI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Metode Ummi di MIN 1 Jombang” ini ditulis oleh Siti Robiatul Adawiyah, NIM. 126205201007, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Pembelajaran Metode Ummi, Kemampuan Membaca, Menulis dan Menghafal. Konteks penelitian ini membahas mengenai metode pembelajaran yang sangat penting dalam menerapkan pembelajaran Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan formal maupun non formal. Hal ini disebabkan oleh perkembangan zaman yang semakin canggih sehinggah semangat anak dalam belajar Al-Qur’an akan turun. Jika tidak dibarengi dengan menerapkan metode pembelajaran yang tepat, pembelajaran Al-Qur’an tidak akan berkembang dengan baik. Salah satu metode yang mulai diperkenalkan di beberapa lembaga pendidikan adalah Metode Ummi. Terdapat beberapa sekolah yang sukses menggunakan metode ummi salah satunya yaitu MIN 1 Jombang, yang telah berhasil menerapkan metode pembelajaran yang tepat pada peserta didik. MIN 1 Jombang merupakan implementasi terbaik dalam menerapkan pembelajaran Al-Qur’an metode ummi. Oleh karena itu, peneliti akan mendeskripsikan lebih dalam lagi mengenai implementasi metode pembelajaran ummi di MIN 1 Jombang. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) implementas pembelajaran metode ummi untuk meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an di MIN 1 Jombang ? (2) implementasi pembelajaran metode ummi untuk meningkatkan kualitas menulis Al-Qur’an di MIN 1 Jombang ? (3) implementasi pembelajaran metode ummi untuk meningkatkan kualitas menghafal Al-Qur’an di MIN 1 Jombang ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan peneliti dan triangulasi (teknik/metode dan sumber). Sedangkan analisis data yang dilakukan yaitu Langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran membaca Al-Qur’an metode ummi dilakukan secara berkelompok sesuai Tingkat kemampuan dengan cara placement tes. Dilakukan evaluasi kenaikan jenjang apabila siswa sudah menyelesaikan satu jilid dan akan melanjutkan ke jilid berikutnya. (2) pembelajaran menulis Al-Qur’an metode ummi menggunakan buku imla’ muyassar yang bertujuan untuk melatih anak agar terbiasa menulis arab dengan baik dan benar. Pembelajaran tersebut dilakukan bersamaan ketika tahap tartil/membaca Al-Qur’an berlangsung. (3) pembelajaran tahfidz Al-Qur’an metode ummi dilakukan di sore hari 3 kali dalam 1 minggu, pembelajaran tersebut berlangsung dengan baik dan benar serta dapat mencapai target dari tujuan pembelajaran. Dapat mengunggah semangat dalam menghafal Al-Qur’an dengan pencapaian melakukan wisuda Al-Qur’an yang dilakukan 3 kali dalam 1 tahun dengan jumlah siswa yang sangat banyak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201007 SITI ROBIATUL ADAWIYAH
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:57
Last Modified: 03 Jul 2024 02:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47933

Actions (login required)

View Item View Item