PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VII DI UPT SMP NEGERI 1 SRENGAT KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2023/2024

BUDI SANTOSO, 126209202061 (2024) PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VII DI UPT SMP NEGERI 1 SRENGAT KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2023/2024. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kemampuan Literasi Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas VII Di UPT SMP Negeri 1 Srengat Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2023/2024” ini ditulis oleh Budi Santoso NIM 126209202061, dibimbing oleh Anggoro Putranto, S.Pd., M.Sc. Kata Kunci : kemampuan literasi, hasil belajar IPS Minimnya kemampuan literasi pada siswa jenjang SMP berpengaruh pada hasil belajar siswa yang semakin rendah. Khususnya pada penyelesaian masalahmasalah kontekstual yang memerlukan kemampuan literasi tinggi. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk mengetahui pengaruh kemampuan literasi terhadap hasil belajar pada siswa kelas VII UPT SMP Negeri 1 Srengat khususnya pada mata pelajaran IPS pada materi Potensi Sumber Daya Alam Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan literasi siswa SMP Negeri 1 Srengat, bagaimana hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 1 Srengat, dan besar pengaruh kemampuan literasi siswa terhadap hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 1 Srengat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian survei menggunakan 31 responden yang berasal dari peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Srengat tahun ajaran 2023/2024 pada materi Potensi Sumber Daya Alam Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket kemampuan literasi dan tes tulis untuk mengetahui hasil belajar IPS. Teknik analisis yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dengan satu variabel X dan Y. Sebelum melakukan uji regresi linear, instrumen melalui uji validitas dan reliabilitas. Setelah instrumen lolos uji validitas dan reliabilitas, kemudian dilakukan uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji linearitas. Langkah terakhir, peneliti melakukan uji regresi linear sederhana untuk mengetahui pengaruh variabel X terhadap Y. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Srengat diketahui 2 siswa termasuk kategori baik yaitu angket dengan interval 58-76, 25 siswa berada pada kategori cukup yaitu pada interval nilai 39-57, dan 4 siswa termasuk kategori rendah yaitu nilai kurang dari 38. Sedangkan hasil belajar IPS terdapat 10 siswa termasuk dalam kategori baik yaitu pada interval 76-100, 7 siswa termasuk kategori hasil belajar cukup yaitu pada interval 66-75, dan 14 siswa termasuk kategori hasil belajar kurang yaitu nilai > 65. Untuk pengaruh kemampuan literasi terhadap hasil belajar IPS dapat diketahui dari nilai sebesar 0,008 kurang dari 0,05. Sedangkan dari nilai t hitung sebesar 2,858 lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 2,045 dengan nilai R Square sebesar 0,220. Untuk besar pengaruh kemampuan literasi terhadap hasil belajar IPS dapat diketahui dari nilai yaitu sebesar 0,008 kurang dari 0,05. Sedangkan dari nilai t hitung sebesar 2,858 lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 2,045 dengan nilai R Square sebesar 0,220. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X atau kemampuan literasi berpengaruh terhadap variabel Y atau hasil belajar IPS, namun pengaruh ini tidak terlalu signifikan karena hanya 22 % sedangkan 78% pengaruh terhadap hasil belajar IPS berasal dari faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209202061 BUDI SANTOSO
Date Deposited: 05 Jul 2024 03:37
Last Modified: 05 Jul 2024 03:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47976

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item