IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PJBL (PROJECT BASED LEARNING) PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK SISWA DI MIN 5 TULUNGAGUNG

ELSA DEWI PUSPITA, 126205201042 (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PJBL (PROJECT BASED LEARNING) PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK SISWA DI MIN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (658kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pentingnya guru dalam melakukan inovasi pembelajaran terutama dalam pembelajaran IPAS di tingkat Sekolah Dasar dengan mengembangkan kemampuan siswa terutama pada kemampuan kognitif dan psikomotoriknya agar selaras dan dapat mengaktifkan kembali kemampuan tersebut. Penelitian ini didasarkan pada penggunaan kurikulum merdeka, dengan adanya mata pelajaran IPAS yang merupakan penggabungan materi sains dan sosial sehingga pendidik banyak membutuhkan berbagai penyesuaian untuk menerapkan kegiatan pembelajaran secara efektif sebagai keterampilan esensial bagi pendidik di MIN 5 Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan terkait perencanaan pembelajaran IPAS dengan model pembelajaran PjBL di MIN 5 Tulungagung, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPAS untuk mengembangkan kemampuan kognitif dan psikomotorik siswa melalui implementasi model pembelajaran PjBL di MIN 5 Tulungagung, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam implementasi pembelajaran IPAS dengan model pembelajaran PjBL di MIN 5 Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif berdasarkan data lapangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis sesuai dengan model Miles Huberman yaitu: mereduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber untuk menguji keabsahan data yang sudah didapatkan. Prosedur penelitian yang dilakukan melalui tahap persiapan, orientasi, eksplorasi fokus, tahap pengecekan keabsahan dan pemeriksaan keabsahan data kemudian yang terakhir tahap pelaporan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan dilakukan melalui penyusunan modul ajar secara lengkap oleh guru dan persiapan alat dan bahan oleh siswa, (2) proses pelaksanaannya diawali dengan penentuan topik proyek, pembentukan kelompok diskusi, penentuan jadwal tugas proyek, guru monitoring perkembangan proyek, penyusunan laporan produk, presentasi produk, penarikan kesimpulan, dan evaluasi kegiatan pembelajaran dengan memberikan lembar kerja siswa, (3) Kendala yang terjadi pada keterbatasan alokasi waktu dan kelalaian siswa membawa alat maupun bahan untuk membuat produknya. Namun, hal tersebut dapat diselesaikan dengan solusi menjalin hubungan komunikasi yang baik melibatkan antara guru, siswa dan peran orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201042 ELSA DEWI PUSPITA
Date Deposited: 03 Jul 2024 04:39
Last Modified: 03 Jul 2024 04:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47999

Actions (login required)

View Item View Item