STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK TERPUJI SISWA SMA NEGERI 1 GONDANG TULUNGAGUNG

SITI AOLIYAH, 126201202146 (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK TERPUJI SISWA SMA NEGERI 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (949kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Terpuji Siswa SMA NEGERI 1 Gondang Tulungagung” ditulis oleh Siti Aoliyah, NIM 126201202146, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Annas Ribab Sibilana, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Akhlak Terpuji Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya mencapai Pendidikan Agama Islam berkualitas, harus dimulai dengan guru Pendidikan Agama Islam yang berkualitas. Strategi guru pendidikan agama Islam sangatlah penting untuk membina akhlak terpuji pada siswa. Berdasarkan observasi awal di SMAN 1 Gondang walaupun sekolah ini umum tetapi unggul dalam bidang keagamaan dan beberapa dari siswa mencerminkan sikap atau akhlak yang baik. Dengan demikian, dalam rangka membina akhlak yang baik dalam diri siswa, sekolah menerapkan pembinaan akhlak terpuji melalui penanaman nilai kejujuran, amanah, dan disiplin. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak terpuji melalui penanaman nilai kejujuran siswa SMAN 1 Gondang Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak terpuji melalui penanaman nilai amanah siswa SMAN 1 Gondang Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak terpuji melalui penanaman nilai disiplin siswa SMAN 1 Gondang Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak terpuji melalui penanaman nilai kejujuran siswa SMAN 1 Gondang Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak terpuji melalui penanaman nilai amanah siswa SMAN 1 Gondang Tulungagung (3) Untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak terpuji melalui penanaman nilai disiplin siswa SMAN 1 Gondang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak terpuji melalui penanaman nilai kejujuran siswa SMAN 1 Gondang Tulungagung adalah guru sebagai suri tauladan bagi siswanya untuk berkata jujur, guru membiasakan siswa untuk tidak menyontek saat pelaksanaan ujian di sekolah, guru membiasakan siswa untuk mengisi presensi mandiri melalui kegiatan keagamaan setiap hari jum’at, guru membangun keterbukaan dengan siswa, dan guru memberikan nasehat kepada siswa yang terbukti tidak jujur (2) strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak terpuji melalui penanaman nilai amanah siswa SMAN 1 Gondang Tulungagung adalah pendelegasian siswa sebagai khotib pada pelaksanaan sholat jum’at, guru memberikan tanggungjawab untuk menyimpan uang infaq sebelum di serahkan ke guru atau petugas yang mengelola, dan guru memberikan tugas kepada siswa (3) strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak terpuji melalui penanaman nilai disiplin siswa SMAN 1 Gondang Tulungagung adalah guru membiasakan siswa untuk datang tepat waktu saat masuk kelas, guru membiasakan siswa memakai seragam lengkap dan rapi di kelas sebelum pelajaran di mulai, dan guru membiasakan siswa untuk mengumpulkan tugas tepat waktu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202146 SITI AOLIYAH
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:19
Last Modified: 11 Jul 2024 01:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48008

Actions (login required)

View Item View Item