ROUDHAH IRFANDANI, 126201202098 (2024) STRATEGI GURU PAI DALAM MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA AL QUR'AN DI SMK ISLAM 2 DURENAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (945kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (363kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (524kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (727kB) |
Abstract
Irfandani, Roudhah. 2024. Strategi Guru PAI dalam Menumbuhkan Minat Membaca Al Qur’an di SMK Islam 2 Durenan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.Pembimbing Saiful Bahri, S.Ag., M.Pd.I.Kata Kunci : Strategi, Minat, Membaca Al Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena menurunnya minat membaca Al Qur’an dikalangan siswa. Banyak siswa yang memiliki kemampuan dan pengetahuan untuk membaca Al Qur’an namun kurang memiliki minat dalam membacanya. Minat membaca al Qur'an dapat tercipta dari lingkungan yang baik, tidak banyak siswa yang mendapat pengajaran ataupun teladan di rumah, sehingga adanya guru di sekolah adalah panutan bagi siswanya. Guru PAI selain memberikan pembelajaran di kelas juga membina dan membimbing siswa agar rajin membaca al Qur'an.Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan guru PAI dalam menumbuhkan minat membaca Al Qur’an di SMK Islam 2 Durenan? (2) Bagaimana pelaksanaan guru PAI dalam menumbuhkan minat membaca Al Qur’an di SMK Islam 2 Durenan? (3) Bagaimana evaluasi guru PAI dalam menumbuhkan minat membaca Al Qur’an di SMK Islam 2 Durenan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian lapangan dengan mendatangi lokasi penelitian yaitu SMK Islam 2 Durenan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan peneliti melakukan analisis deskriptif dengan mendeskripsikan hasil temuan di lapangan. Teknik analisis data menggunakan model yang dicetuskan Miles dan Huberman yaitu analisis interaktif yang meliputi pegumpulan data, reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya dilakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini meliputi: (1) Perencanaan dalam menumbuhkan minat membaca Al Qur’an adalah menyusun jadwal dan memberikan lembaran surat pendek. Kegiatan membaca Al Qur’an tidak masuk dalam peraturan resmi yang tertulis, namun memiliki konsekuensi yang jelas jika tidak mengikutinya. (2) Pelaksanaan dalam menumbuhkan minat membaca Al Qur’an dilakukan sesuai strategi yang direncanakan. Strategi yang dilaksanakan guru diantaranya mengajarkan cara membaca Al Qur’an, mendampingi kegiatan membaca Al Qur’an, dan memotivasi siswa agar memiliki minat dalam membaca Al Qur’an (3) Evaluasi dalam menumbuhkan minat membaca Al Qur’an dilakukan melalui ujian akhir semester. Siswa harus menghafal 13 surat dalam juz amma dan lancar dalam membaca Al Qur’an. Hambatan dari kegiatan ini adalah kurangnya kesadaran membaca Al Qur’an ketika siswa berada diluar pengawasan guru.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan > Pendidikan Islàm Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201202098 ROUDHAH IRFANDANI |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 07:14 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 07:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48020 |
Actions (login required)
View Item |