PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOKLET SEBAGAI SARANA PENDAMPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

DIVIA FAZA SYAKILAH, 126205202109 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOKLET SEBAGAI SARANA PENDAMPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (588kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSATAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Syakilah, Divia, Faza. 2024. Pengembangan Media E-Booklet sebagai Sarana Pendamping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Kelas IV di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Skripsi, Program Studi Pen-didikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing Skripsi Arpinda Syifa’a Awalin, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Media Pembelejaran, E-booklet, Hasil Belajar, Canva Media Pembelajaran e-booklet merupakan media booklet yang dikemas da-lam bentuk digital yang dapat diakses pada perangkat elektronik secara online. E-booklet berisi materi yang dikemas secara ringkas dan menarik berupa vidio, gam-bar, audio, dan latihan soal dengan intruksi yang jelas. E-booklet dibuat menggunakan aplikasi canva dan diunggah pada aplikasi book creator. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kondisi pembelajaran Bahasa Inggris kelas empat di MI Podorejo Tulungagung, (2) menghasilkan media e-booklet sebagai sarana pendamping untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris kelas IV di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung, (3) dan mengetahui hasil uji kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media e-booklet sebagai sarana pendamping untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris kelas IV di MI Po-dorejo Sumbergempol Tulungagung, Pendekatan dalam skripsi ini menggunakan metode R&D (Reasearch and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan (develop-ment), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Teknik pengum-pulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan prosedur pengembangan e-booklet diawa-li dengan analisis kebutuhan dan kinerja. Kedua, yaitu perencanaan dengan menentukan desain awal. Ketiga, pengembangan dengan menghasilkan produk. Keempat, yaitu implementasi dengan menguji kelayakan, kepraktisan, dan keefek-tifan produk. Kelima, yaitu evaluasi dengan mengevalusasi program penelitian. Kualitas produk mendapatkan persentase rata-rata 94,35% dari para validator me-dia, materi, serta soal, Tingkat kepraktisan e-booklet mendapatkan persentase 98,2% dilihat dari hasil kuisoner peserta didik. Tingkat keefektifan dapat dilihat nilai post-test peserta didik yang menunjukkan hasil persentase rata-rata 85,88%, Oleh karena itu, media e-booklet memiliki kualitas yang sangat baik sehingga layak digunakan sebagai pendamping untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202109 DIVIA FAZA SYAKILAH
Date Deposited: 20 Jul 2024 03:34
Last Modified: 20 Jul 2024 03:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48026

Actions (login required)

View Item View Item