NUR ROHMAH HIDAYATIN NISA, 126204203166 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTY REPRESENTATION (DMR) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsN 6 BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (687kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (217kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (699kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode pembelajaran matematika yang digunakan masih konvensional dan rendahnya kemampuan representasi siswa, sehingga terciptanya pembelajaran yang kurang efektif, monoton, dan siswa sulit memahami konsep dalam pembelajaran. Hal ini akan mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Dengan upaya meningkatkan hasil belajar siswa, maka guru perlu menerapkan pembelajaran yang inovatif dan kreatif, yaitu model pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR). Model pembelajaran Diskursus Multi Representasi merupakan model pembelajaran yang berorientasi pada pembentukan, penggunaan, dan pemanfaatan berbagai representasi dengan setting kelas kerja kelompok. Model ini dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan efektif karena siswa dituntut untuk dapat menyampaikan pendapat, gagasan atau ide dalam berdiskusi dan berinteraksi antar sesama siswa dalam kelompok, sehingga dapat menjalin kerjasama dan komunikasi yang baik antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Diskursus Multi Representasi terhadap kemampuan representasi siswa kelas VIII MTsN 6 Blitar (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Diskursus Multi Representasi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 6 Blitar (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Diskursus Multi Representasi terhadap kemampuan representasi dan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 6 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi experiment design dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTsN 6 Blitar yang berjumlah 180 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling dengan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan berupa dokumentasi dan tes. Analisis data hasil penelitian ini diuji dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat. Sedangkan uji hipotesis menggunakan uji t-test Independent dan uji Manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh model pembelajaran Diskursus Multi Representasi terhadap kemampuan representasi siswa kelas VIII MTsN 6 Blitar. (2) ada pengaruh model pembelajaran Diskursus Multi Representasi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 6 Blitar. (3) ada pengaruh model pembelajaran Diskursus Multi Representasi terhadap kemampuan representasi dan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 6 Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204203166 NUR ROHMAH HIDAYATIN NISA |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 04:26 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 04:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48050 |
Actions (login required)
View Item |