PENGARUH MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER ROHIS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 3 NGANJUK

WIDIA KURNIAWATI, 126201202088 (2024) PENGARUH MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER ROHIS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 3 NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (694kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Widia Kurniawati. 2024. Pengaruh Mengikuti Ekstrakurikuler Rohis terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Nganjuk. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci : Ekstrakurikuler Rohis, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Ekstrakurikuler rohis merupakan salah satu ekstrakurikuler yang termasuk ke dalam kegiatan berbasis keagamaan. Ekstrakurikuler rohis di sekolah sebagai pendukung dalam mencapai tujuan dasar pendidikan agama. Ekstrakurikuler rohis tersebut menuntut siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, baik di dalam maupun di luar kelas. Keikutsertaan ekstrakurikuler rohis dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar terutama pada mata pelajaran PAI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana motivasi dan hasil belajar siswa yang mengikuti ekstrakurikuler rohis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Nganjuk? (2) Adakah pengaruh mengikuti ekstrakurikuler rohis terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Nganjuk? (3) Adakah pengaruh mengikuti ekstrakurikuler rohis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Nganjuk? (4) Adakah pengaruh mengikuti ekstrakurikuler rohis terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Nganjuk? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa yang mengikuti ekstrakurikuler rohis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Nganjuk. (2) Untuk mengetahui pengaruh mengikuti ekstrakurikuler rohis terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Nganjuk. (3) Untuk mengetahui pengaruh mengikuti ekstrakurikuler rohis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Nganjuk. (4) Untuk mengetahui pengaruh mengikuti ekstrakurikuler rohis terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Nganjuk. Metode penelitian yang digunakan adalah angket, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji homogenitas, uji regresi linier sederhana, dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Motivasi dan hasil belajar siswa yang mengikuti ekstrakurikuler rohis dikatakan tinggi, terbukti siswa dapat menerapkan ilmu yang diperoleh di kelas yang berkaitan dengan pelajaran Pendidikan Agama Islam. (2) Ada pengaruh ekstrakurikuler rohis terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Nganjuk, ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier sederhana dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari probabilitas 0,05. (3) Ada pengaruh ekstrakurikuler rohis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Nganjuk, ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier sederhana dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari probabilitas 0,05. (4) Ada pengaruh ekstrakurikuler rohis terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Nganjuk, ditunjukkan oleh hasil uji MANOVA secara bersama-sama dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, 0,000, 0,000, 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari probabilitas 0,05. Saran bagi guru PAI adalah dengan terbuktinya bahwa ada pengaruh antara ekstrakurikuler rohis terhadap motivasi dan hasil belajar siswa, maka guru PAI diharapkan dapat memberikan motivasi belajar kepada siswa salah satunya dengan menyarankan siswa untuk mengikuti ekstrakurikuler rohis. Hal tersebut akan berdampak baik pada hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menjadikan penelitian ini sebagai acuan dan gambaran dengan mengkaji lebih mendalam mengenai hasil penelitian sehingga dapat memperkaya temuan-temuan penelitian yang baru dan mengembangkan penelitian dalam bidang yang lebih luas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202088 WIDIA KURNIAWATI
Date Deposited: 04 Jul 2024 02:14
Last Modified: 04 Jul 2024 02:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48063

Actions (login required)

View Item View Item