WIDIA KURNIAWATI, 126201202088 (2024) PENGARUH MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER ROHIS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 3 NGANJUK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (82kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (694kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (410kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Widia Kurniawati. 2024. Pengaruh Mengikuti Ekstrakurikuler Rohis terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Nganjuk. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci : Ekstrakurikuler Rohis, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Ekstrakurikuler rohis merupakan salah satu ekstrakurikuler yang termasuk ke dalam kegiatan berbasis keagamaan. Ekstrakurikuler rohis di sekolah sebagai pendukung dalam mencapai tujuan dasar pendidikan agama. Ekstrakurikuler rohis tersebut menuntut siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, baik di dalam maupun di luar kelas. Keikutsertaan ekstrakurikuler rohis dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar terutama pada mata pelajaran PAI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana motivasi dan hasil belajar siswa yang mengikuti ekstrakurikuler rohis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Nganjuk? (2) Adakah pengaruh mengikuti ekstrakurikuler rohis terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Nganjuk? (3) Adakah pengaruh mengikuti ekstrakurikuler rohis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Nganjuk? (4) Adakah pengaruh mengikuti ekstrakurikuler rohis terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Nganjuk? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa yang mengikuti ekstrakurikuler rohis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Nganjuk. (2) Untuk mengetahui pengaruh mengikuti ekstrakurikuler rohis terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Nganjuk. (3) Untuk mengetahui pengaruh mengikuti ekstrakurikuler rohis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Nganjuk. (4) Untuk mengetahui pengaruh mengikuti ekstrakurikuler rohis terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Nganjuk. Metode penelitian yang digunakan adalah angket, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji homogenitas, uji regresi linier sederhana, dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Motivasi dan hasil belajar siswa yang mengikuti ekstrakurikuler rohis dikatakan tinggi, terbukti siswa dapat menerapkan ilmu yang diperoleh di kelas yang berkaitan dengan pelajaran Pendidikan Agama Islam. (2) Ada pengaruh ekstrakurikuler rohis terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Nganjuk, ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier sederhana dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari probabilitas 0,05. (3) Ada pengaruh ekstrakurikuler rohis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Nganjuk, ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier sederhana dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari probabilitas 0,05. (4) Ada pengaruh ekstrakurikuler rohis terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Nganjuk, ditunjukkan oleh hasil uji MANOVA secara bersama-sama dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, 0,000, 0,000, 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari probabilitas 0,05. Saran bagi guru PAI adalah dengan terbuktinya bahwa ada pengaruh antara ekstrakurikuler rohis terhadap motivasi dan hasil belajar siswa, maka guru PAI diharapkan dapat memberikan motivasi belajar kepada siswa salah satunya dengan menyarankan siswa untuk mengikuti ekstrakurikuler rohis. Hal tersebut akan berdampak baik pada hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menjadikan penelitian ini sebagai acuan dan gambaran dengan mengkaji lebih mendalam mengenai hasil penelitian sehingga dapat memperkaya temuan-temuan penelitian yang baru dan mengembangkan penelitian dalam bidang yang lebih luas.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201202088 WIDIA KURNIAWATI |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 02:14 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 02:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48063 |
Actions (login required)
View Item |