تأثير استخدام وسائل البطاقات التعليمية في ترقية إتقان المفردات العربية لطلاب الصف السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 1 ترينجاليك للعام الدراسي 2023/2024

ITSNA RAMADHANA AL NURHADI, 126202202042 (2024) تأثير استخدام وسائل البطاقات التعليمية في ترقية إتقان المفردات العربية لطلاب الصف السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 1 ترينجاليك للعام الدراسي 2023/2024. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Flashcard dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTsN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Itsna Ramadhana Al Nurhadi, NIM. 126202202042, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Machrup Eko Cahyono, M.Pd.I Kata Kunci: Media Pembelajaran, Media Flashcard, Kosa Kata Bahasa Arab Penelitian ini dilatarbelakangi masih terdapat banyak peserta didik kelas VII MTsN 1 Trenggalek yang belum bisa berhasil dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab, disebabkan penggunaan media flashcard tidak digunakan lagi dalam pembelajaran bahasa Arab, pendidik hanya menggunakan metode ceramah dalam meningkatkan penguasaan kosa kata peserta didik. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana penggunaan media flashcard dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII MTsN 1 Trenggalek? (2) bagaimana pengaruh penggunaan media flashcard dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII MTsN 1 Trenggalek? (3) seberapa efektif penggunaan media flashcard dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII MTsN 1 Trenggalek? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penggunaan media flashcard dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa kelas VII MTsN 1 Trenggalek, (2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flashcard dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa kelas VII MTsN 1 Trenggalek, (3) untuk mengetahui efektifitas penggunaan media flashcard dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa kelas VII MTsN 1 Trenggalek. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan jenis Quasy Experiment Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa yang berjumlah 12 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII D yang berjumlah 32 siswa dan kelas VII F yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent Sample T-test dan uji N-Gai Score. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui: (1) penggunaan media flashcard di MTsN 1 Trenggalek mendapatkan pengaruh yang positif bagi siswa, siswa sangat antusias dalam memainkannya, penggunaan media flashcard juga mampu meningkatkan kosa kata bahasa Arab. Penggunaan media flashcard ini juga sangat mudah, terbukti bahwa tidak ada siswa yang mengalami kesulitan saat memainkan kartu tersebut. (2) terdapat pengaruh penggunaan media flashcard di MTsN 1 Trenggalek yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. (3) terdapat perbedaan skor dari hasil rata-rata indeks gain ternormalisasi yaitu pada kelas eksperimen sebesar 0,59 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,41 dengan kategori sedang sehingga mengalami perbedaan peningkatan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini terbukti bahwa penggunaan media flashcard dapat dikatakan efektif digunakan sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan penguasaan kosa kata siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 126202202042 ITSNA RAMADHANA AL NURHADI
Date Deposited: 04 Jul 2024 06:53
Last Modified: 04 Jul 2024 06:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48083

Actions (login required)

View Item View Item