PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AKIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 1 TRENGGALEK

HANNA TSAMROTUL AMININ, 126201202122 (2024) PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AKIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (637kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Strategi Cooperative Learning tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas XI MAN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Hanna Tsamrotul Aminin, NIM. 126201202122, Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Tahun 2024, pembimbing Muhammad Sulthon Aziz, Lc., M.H. Kata Kunci: Penerapan, Strategi Cooperative Learning tipe Jigsaw, Keaktifan belajar, Akidah Akhlak. Pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting dan keterkaitannya dalam keberlangsungan hidup manusia. Pendidikan mengalami perkembangan kearah yang lebih baik dari zaman ke zaman, perubahan pendidikan diharapkan menjadikan peserta didik berpikir kritis, kreatif, bekerjasama, berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah serta bertanggung jawab dalam menjalankan tantangan di masa depan. Pembelajaran secara berkelompok (Cooperative Learning tipe Jigsaw) melatih peserta didik untuk meningkatkan rasa tanggung jawab peserta didik terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain, tidak hanya mempelajari materi yang diberikan, tetapi juga harus siap memberikan dan mengajarkan materi yang dipelajari pada anggota kelompoknya yang lain. Dengan demikian, peserta didik saling tergantung satu dengan yang lain dan harus bekerjasama secara kooperatif untuk mempelajari materi. Sedangkan Akidah Akhlak adalah mata pelajaran yang memiliki kontribusi dalam memberikan pemahaman kepada peserta didik untuk mengenal dan memahami pengetahuan tentang rukun iman, mulai dari iman kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitabkitabNya, rasul-rasulNya, hari akhir, sampai iman kepada Qada dan Qadar yang dibuktikan dengan dalil-dalil naqli dan aqli, serta pemahaman dan penghayatan terhadap al-asma’ alhusna dengan menunjukkan ciri-ciri/tanda-tanda perilaku seseorang dalam realitas kehidupan individu dan sosial serta pengamalan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menerapkan strategi Cooperative Learning tipe Jigsaw ini, diharapkan dapat membuat peserta didik bekerjasama dalam kelompok dan saling bertanggung jawab dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini antara lain untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi Cooperative Learning tipe Jigsaw dalam meningkatkan keaktifan belajar akidah akhlak peserta didik kelas XI MAN 1 Trenggalek? (2) penerapan strategi Cooperative Learning tipe Jigsaw dalam meningkatkan keaktifan belajar akidah akhlak peserta didik kelas XI MAN 1 Trenggalek? (3) evaluasi pembelajaran dengan menggunakan strategi Cooperative Learning tipe Jigsaw dalam meningkatkan keaktifan belajar akidah akhlak peserta didik kelas XI MAN 1 Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, waka kurikulum, guru, dan peserta didik kelas XI di MAN 1 Trenggalek. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji Credibility, Triangulasi sumber, Transferability, Dependability, dan Confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi Cooperative Learning tipe Jigsaw dalam meningkatkan keaktifan belajar akidah akhlak peserta didik dilakukan dengan penyusunan modul ajar, membuat konsep melalui pembuatan Mind Mapping, merencanakan pengelompokan serta menyiapkan media pembelajaran, dan jenis evaluasi yang digunakan. (2) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi Cooperative Learning tipe Jigsaw dalam meningkatkan keaktifan belajar akidah akhlak peserta didik dilakukan sesuai dengan karakteristik dan langkahlangkah pembelajaran berkelompok. (3) evaluasi pembelajaran dengan menggunakan strategi Cooperative Learning tipe Jigsaw dalam meningkatkan keaktifan belajar akidah akhlak peserta didik dilakukan melalui evaluasi secara lisan (presentasi atau memaparkan materi hasil dari diskusi, menjawab pertanyaan dari pendidik secara langsung), secara tertulis (mengerjakan kuis ataupun soal-soal yang ada di buku siswa).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202122 HANNA TSAMROTUL AMININ
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:11
Last Modified: 05 Jul 2024 02:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48086

Actions (login required)

View Item View Item