ZAKIYA NUR AFIDA PUTRI, 126201201015 (2024) IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SKI SISWA KELAS XII IPS 1 DI MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (824kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (145kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (58kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (186kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (986kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (40kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (117kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (791kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Metode MIind Mapping Dalam Kegiata Pembelajaran SKI Siswa Kelas XII IPS 1 di MAN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Zakiya Nur Afida Putri, NIM. 126201201015, pembimbing Prof. Dr. H. Abd. Aziz, M. Pd. I Kata Kunci : Implementasi, Mind mapping, Pembelajaran SKI Penelitian ini dilatar belakangi bahwa guru kelas XII Ips 1 di MAN 3 Tulungagung sudah menerapkan metode pembelajaran Mind mapping pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang penerapan metode Mind mapping dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada materi Perkembangan Islam di Asia Tenggara. Dalam penelitian ini difokuskan tiga pokok masalah, yaitu : (1) Bagaimana guru menyajikan materi dengan metode mind mapping dalam kegiatan pembelajaran SKI siswa kelas XII IPS 1 di MAN 3 Tulungagung (2) Bagaimana guru memberi motivasi dengan metode mind mapping dalam kegiatan pembelajaran SKI siswa kelas XII IPS 1 di MAN 3 Tulungagung (3) Bagaimana guru membentuk kelompok dengan metode mind mapping dalam kegiatan pembelajaran SKI siswa kelas XII IPS 1 di MAN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data deskriptif yaitu data yang diperoleh berupa kata-kata dan tindakan, yang kemudian berusaha dideskripsikan dan diinterpretasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan uji keabsahan triangulas, yaitu triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian dapat diuraikan sebagai berikut:(1) Implementasi metode mind mapping diawali dengan penyajian materi. Materi yang dipilih yaitu Perkembangan Islam di Asia Tenggara. Karena, materi tersebut dapat dipetakan dan terdapat konsep-konsep yang perlu diuraikan. Mayoritas guru di MAN 3 Tulungagung telah menggunakan RPP sebagai panduan dalam menetapkan tujuan pembelajaran, mengidentifikasi kebutuhan siswa, memilih metode, media, sumber belajar, dan evaluasi yang sesuai. (2). Pemberian motivasi secara eksternal maupun internal yang dilakukan, berpengaruh terhadap tugas pembuatan mind mapping pada siswa. Siswa menjadi terpacu untuk mengasah otaknya dengan mencari sumber literatur lain, membaca, dan memahami materi SKI. (3). Pembentukan kelompok yang dilakukan yaitu menyamakan kondisi kemampuan belajar siswa. Tujuannya dapat memberikan kesempatan yang setara bagi semua siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bagaimana siswa yang memiliki kekurangan kemampuan belajar dapat terbantu oleh siswa yang memiliki kemampuan lebih.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201201015 ZAKIYA NUR AFIDA PUTRI |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 02:30 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 02:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48087 |
Actions (login required)
View Item |