PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PROFIL PELAJAR PANCASILA (Studi Explanatory Mixed Menthod Di SMAN 2 Trenggalek)

MUHAMAD AGUNG HIDAYAT ALI, 1880506220019 (2024) PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PROFIL PELAJAR PANCASILA (Studi Explanatory Mixed Menthod Di SMAN 2 Trenggalek). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (456kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (283kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) telah menjadi pilar utama dalam transformasi sosial dan ekonomi global, terutama dalam pendidikan yang mengalami percepatan signifikan melalui kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Hal ini mengubah paradigma pembelajaran, metode pengajaran, dan konsep pendidikan, dengan era digital membuka akses luas terhadap sumber daya pendidikan dan memungkinkan pembelajaran daring. Dalam pendidikan agama Islam, pengembangan kurikulum menjadi penting untuk memadukan ajaran agama dengan pemahaman IPTEK, guna membentuk individu yang berkualitas dalam masyarakat multikultural. Kurikulum Merdeka, yang diterapkan di SMAN 2 Trenggalek, mencakup profil pelajar Pancasila dengan nilai-nilai seperti Beriman, Berkebinekaan Global, Bergotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif, yang mendukung pengembangan kecerdasan moral, sosial, intelektual, dan kreativitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan menggali konsep dan implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA, serta menganalisis dampaknya terhadap perkembangan profil pelajar Pancasila peserta didik di SMAN 2 Trenggalek, mengingat hasil observasi dan penelitian terdahulu menunjukkan pengaruh positif dalam pembentukan karakter siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap profil beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia Peserta didik SMAN 2 Trenggalek dan bagaimana penerapannya?, (2) Adakah pengaruh penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap profil madiri peserta didik SMAN 2 trenggalek dan bagaimana penerapannya?, (3) Adakah pengaruh penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap profil bergoyong royong peserta didik SMAN 2 trenggalek dan bagaimana penerapannya?, (4) Adakah pengaruh penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap profil berkebinekaan global peserta didik SMAN 2 trenggalek dan bagaimana penerapannya?, (5) Adakah pengaruh penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap profil bernalar kritis peserta didik SMAN 2 trenggalek dan bagaimana penerapannya? Tesis ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap, dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas dalam pembelajaran, yakni dengan memahami hakikat dari sebuah humanitas dan demokrasi dalam lembaga pendidikan Islam terkait kurikulum merdeka dan profil pelajar Pancasila di sekolah. Penelitian tesis ini meggunakan pendekatan Explanatory Mixed Menthod yang dilakukan di SMAN 2 Trenggalek. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran PAI (X) dan variabel terikatnya adalah beriman (Y1). Mandiri (Y2), Bergotong Royong (Y3), Berkebhinekaan Global (Y4), Bernalar Kritis (Y5), dan Kreatif (Y6). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Pada tahap analisis data kuantitatif menggunakan uji Manova serta pada tahap kualitatif menggunakan model miles dan Huberman. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh antara penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap profil pelajar beriman dengan penerapan metode yang digunakan meliputi diskusi, tugas proyek, refleksi pribadi, kegiatan outdoor, dan teknologi digital, (2) Terdapat pengaruh antara penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap profil pelajar mandiri dengan penerapan mendorong kemandirian siswa melalui tugas proyek, eksplorasi mandiri, dan tanggung jawab aktif. Metode yang digunakan meliputi pembelajaran berbasis proyek, blended learning, dan problem-based learning (PBL), (3) Terdapat pengaruh antara penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap profil pelajar bergotong royong dengan penerapan menciptakan lingkungan belajar kolaboratif dan mempromosikan karakter gotong royong dalam Pendidikan Agama Islam. Guru menggunakan metode seperti diskusi kelompok, cooperative learning, dan kerja kelompok untuk mengembangkan keterampilan sosial dan komunikasi siswa., (4) Terdapat pengaruh antara penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap profil pelajar berkebhinekaan global dengan penerapan dengan menggunakan tema keberagaman dalam sejarah Islam, diskusi tentang pentingnya menghargai perbedaan, dan kisah-kisah Nabi Muhammad. Materi tentang toleransi dalam hubungan antarumat beragama., (5) Terdapat pengaruh antara penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap profil pelajar bernalar kritis dengan penerapan metode yang mendorong siswa berpikir kritis, termasuk diskusi, studi kasus, debat, dan problem-based learning, dan (6) Terdapat pengaruh antara penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap profil pelajar kreatif dengan penerapan metode yang digunakan meliputi proyek berbasis media seperti video, poster, drama, seni kaligrafi, dan proyek berbasis teknologi seperti presentasi interaktif dan blog

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1880506220019 MUHAMAD AGUNG HIDAYAT ALI
Date Deposited: 10 Jul 2024 07:40
Last Modified: 10 Jul 2024 07:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48104

Actions (login required)

View Item View Item