PENGARUH METODE CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IX DI MTS SUNAN KALIJOGO REJOSARI KALIDAWIR TULUNGAGUNG

SAKINA DUWITA FEBRIANTI, 126209202091 (2024) PENGARUH METODE CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IX DI MTS SUNAN KALIJOGO REJOSARI KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (49kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Crossword Puzzle Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX di MTs Sunan Kalijogo Rejosari Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Sakina Duwita Febrianti, NIM. 126209202091, Pembimbing Skripsi: Bagus Setiawan, M.Pd. Kata Kunci: Crossword Puzzle, Motivasi Belajar Siswa. Mata Pelajaran IPS Berdasarkan hasil observasi pada proses pembelajaran IPS di MTs Sunan Kalijogo Rejosari Kalidawir Tulungagung ditemukan beberapa kendala yakni: media pembelajaran yang kurang memadai, metode pembelajaran yang kurang bervariasi, dan kurangnya motivasi belajar siswa. Masalah-masalah ini menyebabkan siswa mudah bosan, kurang termotivasi, dan tidak bersemangat dalam belajar. Motivasi belajar ialah proses yang memberi semangat belajar, dorongan, dan perubahan perilaku siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yakni melalui metode crossword puzzle. Metode crossword puzzle dapat menarik perhatian siswa dan membuat mereka lebih bersemangat dalam belajar. Hal ini karena crossword puzzle melibatkan permainan kata yang menantang dan menyenangkan sehingga motivasi belajar siswa dapat meningkat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Adakah pengaruh metode crossword puzzle terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX di MTs Sunan Kalijogo Rejosari Kalidawir Tulungagung? (2) Seberapa besar pengaruh metode crossword puzzle terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX di MTs Sunan Kalijogo Rejosari Kalidawir Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh metode crossword puzzle terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX di MTs Sunan Kalijogo Rejosari Kalidawir. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode crossword puzzle terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX di MTs Sunan Kalijogo Rejosari Kalidawir Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian true-experimental true-experimental. Tempat penelitian di MTs Sunan Kalijogo Rejosari Kalidawir Tulungagung. Teknik sampling dengan simple random sampling, teknik pengumpulan data dengan cara dokumentasi, dan angket. Teknik analisis dengan menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) ada pengaruh metode crossword puzzle terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX di MTs Sunan Kalijogo Rejosari Kalidawir Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (2) Besar pengaruh metode crossword puzzle terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX di MTs Sunan Kalijogo Rejosari Kalidawir Tulungagung sebesar 1,45 dengan presentase 91,9%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209202091 SAKINA DUWITA FEBRIANTI
Date Deposited: 10 Jul 2024 08:43
Last Modified: 10 Jul 2024 08:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48119

Actions (login required)

View Item View Item