PENGARUH MEDIA ARTICULATE STORYLINE 3 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS IV MI PLUS NURUL HUDA NGEPEH TULUNGAGUNG

UMI KHABIBATULAILIAH, 126205201069 (2024) PENGARUH MEDIA ARTICULATE STORYLINE 3 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS IV MI PLUS NURUL HUDA NGEPEH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (358kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Umi Khabibatulailiah, NIM. 126205201069, “Pengaruh Media Articullate Storyline 3 Terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV MI Plus Nurul Huda Ngepeh Tulungagung”, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Moh. Arif, M.Pd. Kata Kunci: Media Articulate Storyline 3, Motivasi Belajar, Keterampilan Proses Sains Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi dan kemajuan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) yang tidak bisa dihindari lagi dan berimbas pada dunia pendidikan. Imbasnya dalam dunia pendidikan yaitu guru dituntut untuk bisa memanfaatkan teknologi-teknologi modern, salah satunya yaitu memanfaatkan media pembelajaran interaktif dalam proses belajar mengajar. Perlunya memanfaatkan media interaktif yaitu memudahkan guru dalam menyampaikan materi selain itu akan menciptakan pengalaman baru dalam belajar, sehingga akan memotivasi siswa untuk terus belajar dan meningkatkan keterampilan proses sains dalam diri siswa. Tujuan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media interaktif Articulate Storyline 3 terhadap motivasi belajar siswa. Selanjutnya juga untuk mengetahui pengaruh penggunaan media interaktif Articulate Storyline 3 terhadap keterampilan proses sains. Dan yang terakhir untuk mengetahui pengaruh penggunaan media interaktif Articulate Storyline 3 terhadap motivasi belajar dan keterampilan proses sains siswa pada mata pelajaran IPA materi siklus hidup makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen semu yaitu Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV MI Plus Nurul Huda Ngepeh Tulungagung yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan jenis purposive sampling, dengan kelas IV A berjumlah 17 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B berjumlah 17 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur motivasi belajar siswa dan posttest untuk mengukur keterampilan proses sains. Analisis data yang digunakan yaitu uji t dan uji MANOVA dengan bantuan aplikasi SPSS Statistic 25.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh signifikan terhadap penggunaan media pembelajaran articulate storyline 3 terhadap motivasi belajar siswa materi siklus hidup makhluk hidup siswa kelas IV di MI Plus Nurul Huda Ngepeh Tulungagung. Berdasarkan perhitungan uji t untuk motivasi belajar memperoleh Signifikansi pada tabel sig. (2 -tailed) adalah 0,000, yang artinya 0,000 < 0,05, maka hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak, 2) Terdapat pengaruh signifikan terhadap penggunaan media pembelajaran articulate storyline 3 terhadap keterampilan proses sains materi siklus hidup makhluk hidup siswa kelas IV di MI Plus Nurul Huda Ngepeh Tulungagung. Berdasarkan perhitungan uji t untuk motivasi belajar memperoleh Signifikansi pada tabel sig. (2 -tailed) adalah 0,000, yang artinya 0,000 < 0,05, maka hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak, 3) Terdapat pengaruh signifikan terhadap penggunaan media pembelajaran articulate storyline 3 terhadap motivasi belajar dan keterampilan proses siswa materi siklus hidup makhluk hidup pada kelas IV di MI Plus Nurul Huda Ngepeh Tulungagung. Berdasarkan perhitungan uji MANOVA untuk motivasi belajar memperoleh Signifikansi pada tabel sig. (2 -tailed) adalah 0,000, yang artinya 0,000 < 0,05, maka hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201069 UMI KHABIBATULAILIAH
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:29
Last Modified: 10 Jul 2024 04:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48128

Actions (login required)

View Item View Item