HUBUNGAN PEMBIASAAN SHALAT DHUHA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS X DI MA PERGURUAN MUALLIMAT CUKIR

FIRDANIA FANDI, 126306201034 (2024) HUBUNGAN PEMBIASAAN SHALAT DHUHA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS X DI MA PERGURUAN MUALLIMAT CUKIR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (939kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Hubungan Pembiasaan Shalat Dhuha Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas X di MA Perguruan Muallimat Cukir” yang ditulis oleh Firdania Fandi, dengan NIM 126306201034. Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Jurusan Dakwah, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan Pembimbing Wikan Galuh Widyarto, M.Pd dan Ibu Febranti Putri Navion, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bimbingan spiritual dalam pembiasaan shalat Dhuha dengan tingkat kedisiplinan siswa kelas X di MA Perguruan Muallimat Cukir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur tingkat pembiasaan shalat Dhuha dan tingkat kedisiplinan siswa. Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik korelasi Pearson untuk menentukan hubungan antara variabel bimbingan spiritual dalam pembiasaan shalat Dhuha dan kedisiplinan siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini merupakan siswa kelas X di MA Perguruan Muallimat yang berjumlah 150 dengan populasi berjumlah 240. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Tingkat Bimbingan Spiritual Pembiasaan Shalat Dhuha ada 67 (sedang). Diketahui dari 150 responden, didapatkan hasil 5 atau 3% responden berkategori sangat rendah, 48 atau 32% berkategori rendah, 67 atau 45% responden dengan kategorisasi sedang, 22 atau 15% responden dengan kategorisasi tinggi dan 8 atau 5% responden dengan kategorisasi sangat tinggi. Sedangkan nilai rata-rata skala Tingkat Kedisiplinan ada 65 (sedang). Diketahui dari 150 responden, didapatkan hasil 6 atau 4% responden berkategori sangat rendah, 43 atau 29% berkategori rendah, 65 atau 43% responden dengan kategorisasi sedang, 25 atau 17% responden dengan kategorisasi tinggi dan 11 atau 7% responden dengan kategorisasi sangat tinggi. Berdasarkan hasil analisis antara variabel Bimbingan Spiritual Pembiasaan Shalat Dhuha (X) dengan Kedisiplinan (Y) diperoleh nilai korelasi 0,634 termasuk kriteria korelasi “kuat” (0,600 – 0,799). Itu artinya dapat disimpulkan bahwa Tingkat Bimbingan Spiritual Pembiasaan Shalat Dhuha berhubungan positif dengan perilaku disiplin dan derajat hubungan korelasi kuat. Kata Kunci : Bimbingan Spiritual, Pembiasaan Shalat Dhuha, Kedisiplinan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 126306201034 FIRDANIA FANDI
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:19
Last Modified: 01 Aug 2024 07:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48153

Actions (login required)

View Item View Item