PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN NATURAL SMART BOX PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH KELAS III DI MIN 1 TULUNGAGUNG

ZULFA ULIN NUHA, 126205202135 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN NATURAL SMART BOX PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH KELAS III DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (765kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (363kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Natural Smart Box Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Kelas III Di MIN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Zulfa Ulin Nuha, NIM. 126205202135, pembimbing Hafidz Rosyidiana, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Natural Smart Box, Matematika, Operasi Hitung Bilangan Cacah Penelitian ini dilatar belakangi pada permasalahan kurangnya variasi media dalam pembelajaran, kurangnya pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran Matematika, kurangnya minat peserta didik dalam mempelajari Matematika. Sehingga banyak peserta didik yang masih kurang menguasai materi yang diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengembangan Media Pembelajaran Natural Smart Box Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Kelas III. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kelayakan produk pengembangan Media Pembelajaran Natural Smart Box Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Kelas III. 3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan keefektifan produk pengembangan Media Pembelajaran Natural Smart Box Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Kelas III. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 1 Tulungagung kelas III. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes (pretest dan posttest). Jenis data dalam penelitian ini terdapat data kualitatif yaitu hasil wawancara, dan data kuantitatif berupa skor validasi, skor keterbacaan, dan hasil tes (pretest dan posttest). Teknik analisis data menggunakan skala likert, analisis deskriptif dan uji N-Gain. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah 1) Proses penelitian pengembangan ini melalui tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Proses ini diawali dengan analisis kinerja, analisis materi, analisis karakteristik peserta didik, analisis kebutuhan, merumuskan tujuan pembelajaran, menyusun strategi pembelajaran, menyusun tes, menyusun instrumen validasi, membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, merancang storyboard, mengembangkan produk, validasi produk, uji coba produk, penyebaran angket kelayakan. 2) Hasil validasi oleh ahli media diperoleh jumlah skor sebesar 65 dan rata-rata presentase sebesar 86,6% dengan kategori “sangat valid/sangat layak digunakan”. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh jumlah skor 43 dan skor rata-rata presentase sebesar 86% dengan kategori “sangat valid/sangat layak digunakan”. Hasil validasi oleh guru matematika diperoleh jumlah skor 54 dan skor rata-rata presentase sebesar 83% dengan kategori “valid/ layak digunakan”. Hasil keseluruhan angket respon peserta didik pada kelas kelas III A adalah 92,5%, kelas III B sebesar 93,1%, dan kelas III C sebesar 95,5% dengan kategori “sangat valid/sangat layak digunakan”. Hasil pretest sebesar 57,60 dan posttest sebesar 87,33 yang dilaksanakan pada kelas III B, hasil pretest sebesar 62,42 dan posttest sebesar 89,57 yang dilaksanakan pada kelas III C. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan antara nilai pretest dan posttest. Hasil uji N-Gain pada kelas III B rata-ratanya diperoleh 0,7728 dan pada kelas III C rata-ratanya diperoleh 0,7696 sehingga masuk dalam kategori tinggi karena nilai N-Gain > 0,7 dan N-Gain persen diperoleh 76,9570% sehingga masuk dalam tafsiran efektif karena persentase > 76 sehingga media pembelajaran natural smart box efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi operasi hitung bilangan cacah kelas III.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202135 ZULFA ULIN NUHA
Date Deposited: 10 Jul 2024 02:12
Last Modified: 10 Jul 2024 02:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48184

Actions (login required)

View Item View Item