EMY PUTRI ALFIYAH, 1880506220051 (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) LIVEWORKSHEETS BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTSN 3 TULUNGAGUNG. [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (519kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (154kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Liveworksheets Berbasis Digital untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTsN 3 Tulungagung” yang ditulis oleh Emy Putri Alfiyah, NIM 1880506220051, Pendidikan Agama Islam (PAI), Pascasarjana (S2) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Tahun 2024, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd. dan Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, Liveworksheets, Adab Perubahan zaman membawa perubahan dalam segala bidang. Salah satunya dalam dunia pendidikan. Di era yang saat ini lambat laun mulai berallih ke arah digital menjadikan kehidupan menuju dunia baru. Apalagi generasi sekarang menyukai hal yang instan, praktis, cepat, inovatif dan kreatif serta mudah diakses dimanapun dan kapanpun maka perlu untuk mengenalkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Liveworksheets Berbasis Digital untuk menemani peserta didik dalam belajar. Adanya faktor-faktor tersebut diharapkan akan menarik minat hingga meningkatkan hasil belajar peserta didik. Maka, dengan teknologi yang ada dan fasilitas yang diberikan oleh pihak madarash di MTsN 3 Tulungagung berupa kelengkapan proyektor serta ketersediaan internet, peneliti melakukan pengembangan media pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Liveworksheets Berbasis Digital untuk memberikan kemudahan dan keefektifan dalam memahami dan memberikan pengalaman belajar yang baru terhadap peserta didik pada materi tentang Adab terhadap Orang Tua dan Guru. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana model pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Liveworksheets Berbasis Digital untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTsN 3 Tulungagung? (2) Bagaimana kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Liveworksheets Berbasis Digital untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTsN 3 Tulungagung? (3) Bagaimana hasil pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Liveworksheets Berbasis Digital pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTsN 3 Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan model pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Liveworksheets Berbasis Digital untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTsN 3 Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Berbasis Liveworksheets untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTsN 3 Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan hasil pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Berbasis Liveworksheets pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTsN 3 Tulungagung. Metode penelitian dalam tesis ini adalah RnD (Research and Development) atau penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan datayaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Angket digunakan untuk validasi ahli dan peserta didik, sedangkan soal tes digunakan pada penilaian hasil belajar peserta didik Hasil dari penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut: (1) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Liveworksheets Berbasis Digital pada materi Adab terhadap Orang Tua dan Guru kelas VIII (delapan) di MTsN 3 Tulungagung menggunakan langkah atau prosedur model ADDIE, yang diawali dengan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis guru, analisis mata pelajaran dan analisis karakter peserta didik, kemudian tahap merancang atau desain, lalu tahap uji pengembangan dan implementasi, tahap terakhir adalah tahap evaluasi. Uji coba yang dilakukan terdiri dari uji coba skala kecil, uji coba skala sedang dan uji coba skala besar. Kemudian yang terakhir uji lapangan pada kelompok one grup pre-test and post-test. (2) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Liveworksheets Berbasis Digital pada materi Adab terhadap Orang Tua dan Guru layak digunakan dengan hasil perolehan validasi dari ahli materi sebesar 100 % yang memiliki kriteria sangat layak, validasi dari ahli bahasa 97,92 % yang memiliki kriteria sangat layak, validasi dari ahli media sebesar 90 % dengan kriteria sangat layak. namun tetap ada sedikit revisi. Selain itu, dari minat peserta didik yang terdiri dari 30 responden pada uji lapangan kelompok one group pre-test and post-test menyatakan hasil layak dengansejumlah 7 peserta didik dan sangat layak dengan sejumlah 23 peserta didik. Kemudian untuk hasil respon peserta didik memperoleh hasil layak sejumlah 5 peserta didik dan sangat layak sejumlah 25 peserta didik. (3) Hasil atau ffektifitas pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Liveworksheets Berbasis Digital pada materi Adab terhadap Orang Tua dan Guru dengan hasil akhir menyebutkan efektif digunakan yang ditunjukkan oleh data hasil belajar peserta didik dengan nilai mean pada fase pre-test sebesar 6,80 sedangkan pada fase post-test sebesar 8,07. Selain itu dibuktikan dengan berdasarkan hasil uji paired sampel test pada kelompok one group pre-test and post-test yang memperoleh nilai nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat dimaknai ada perbedaan rata-rata antara fase pre-test dengan post-test. Nilai tersebut kurang dari 0,05, yang keduanya menjelaskan perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Liveworksheets Berbasis Digital. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Liveworksheets Berbasis Digital pada materi Adab terhadap Orang Tua dan Guru pada kelas VIII efektif digunakan dalam proses pembelajaran karena dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1880506220051 EMY PUTRI ALFIYAH |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 07:36 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 07:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48185 |
Actions (login required)
View Item |