DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI UMUM (Studi multi kasus di STIEKes Patria Husada Blitar dan STKIP PGRI Blitar)

Imam Turmudzi, 1756144024 (2017) DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI UMUM (Studi multi kasus di STIEKes Patria Husada Blitar dan STKIP PGRI Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER daftar isi.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul ”Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum”(Studi Multi kasus di STIKes Patria Husada Blitar dan STKIP PGRI Blitar) ini disusun oleh Imam Turmudzi dengan dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo M.Pd. dan Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Desain, pembelajaran PAI, Perguruan Tinggi Umum Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh Model pembelajaran Pendidikan agama Islam di Perguruan Tinggi Umum yang saat ini PAI masih dianggap mata kuliah tidak penting, sehingga perhatian mahasiswa terhadap mata kuliah PAI kurang mendapat tempat atau terkalahkan oleh mata kuliah jurusan yang diambil. Fokus penelitian tesis ini adalah 1). Bagaimana model sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di STIKes Patria Husada Blitar dan STKIP PGRI Blitar. 2). Bagaimana penerapan Model sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di STIKes Patria Husada Blitar dan STKIP PGRI Blitar. 3). Bagaimana hasil Model pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di STIKes Patria Husada Blitar dan STKIP PGRI Blitar. Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk katagori penelitian lapangan dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi multi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran peneliti, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitian: 1.) Perencanaan Model sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di STIKes Patria Husada Blitar dan STKIP PGRI Blitar menggunakan Model Desain sistem pembelajaran kontrukstivistik, yaitu suatu model desain sistem pembelajaran melalui proses membangun atau menyusun pengetahuan baru dalam struktur kognitif mahasiswa berdasarkan pengalaman dan pengetahuan. 2.) Penerapan model sistem pembelajaran PAI di STKIP PGRI dan STIKes Patria Husada Blitar dengan model desain sistem pembelajaran Konstruktivistik dengan menggunakan komponen situasi, pengelompokkan, pengaitan, pertanyaan, eksibisi, dan reflaksi. 3.) Hasil Model sistem pembelajaran Konstruktivistik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di STIKes Patria Husada Blitar dan STKIP PGRI Blitar dengan menggunakan Evaluasi Formatif, Evaluasi Sumative, Evaluasi Placement, Evaluasi Diagnostic. Kesimpulan : pada dasarnya Model pembelajaran PAI pada kedua perguruan tinggi umum ini mempunyai kesamaan yaitu dengan menggunakan model desain sistem pembelajaran Konstruktivistik model yang sangat baik untuk tingkat perguruan tinggi, dan perbedaanya terletak pada kurikulum yang digunakan, yaitu kurikulum edaran dari DIKTI

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tesis 1756144024 Imam Turmudzi
Date Deposited: 17 Feb 2017 01:32
Last Modified: 17 Feb 2017 01:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4819

Actions (login required)

View Item View Item