PENGARUH PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TERHADAP PENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA DI SMP ISLAM GANDUSARI TRENGGALEK

NOFI FATMAWATI, 126209202084 (2024) PENGARUH PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TERHADAP PENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA DI SMP ISLAM GANDUSARI TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (292kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (302kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (571kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (252kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Terhadap Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP Islam Gandusari Trenggalek” ini ditulis oleh Nofi Fatmawati, NIM 126209202084, pembimbing Dr. Nur Isroatul Khusna, M.Pd. Kata kunci : Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Sikap Peduli Lingkungan. Penelitian ini dilatar belakangi pada kondisi lingkungan sekarang ini yang sangat memprihatinkan dan menimbulkan permasalahan lingkungan. Permasalahan ini diakibatkan kurangnya rasa kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan. Kondisi demikian ini terjadi pada siswa di SMP Islam Gandusari Trenggalek yang ditemukan waktu observasi. Sekolah yang belum termasuk sekolah adiwiyata dan pembelajaran mengenai kehidupan berkelanjutan hanya diperoleh melalui mata pelajaran IPS dan IPA sehingga memerlukan kegiatan pembelajaran praktik di luar kelas. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema kehidupan berkelanjutan dan bagaimana pengaruh pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema kehidupan berkelanjutan terhadap peningkatan sikap peduli lingkungan siswa. Adapun tujuan penelitian ini berdasarkan rumusan masalah tersebut adalah untuk mengetahui pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema kehidupan berkelanjutan dan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema kehidupan berkelanjutan terhadap peningkatan sikap peduli lingkungan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif jenis asosiatif. Objek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Gandusari Trenggalek tahun ajaran 2023/2024 dengan populasi berjumlah 123 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proporsional Random Sampling dengan responden 44 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengujian instrumen penelitian, uji prasyarat analisis, analisis regresi linier sederhana, uji koefisien korelasi dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema kehidupan berkelanjutan di SMP Islam Gandusari berjudul “Hijau Tamanku Asri Sekolahku” dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023 oleh kelas VII yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka. Projek yang dilaksanakan yakni pembiasaan piket, pemberian materi pentingnya menjaga lingkungan, pemanasan global dan penanaman tanaman sesuai dengan kondisi geografis serta praktik penghijauan menanam tanaman hias dan toga. Pelaksanaannya melalui empat tahapan yakni tahap perencanaan, tahap sosialisasi, tahap pelaksanaan dan tahap tindak lanjut (refleksi). Terdapat pengaruh positif dan signifikan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema kehidupan berkelanjutan terhadap peningkatan sikap peduli lingkungan siswa sebesar 35,4% dengan hubungan kedua varabel penelitian termasuk kategori sedang. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis regresi sederhana diperoleh nilai t hitung > t tabel yakni (4,795 > 2,01808) dengan signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak dan nilai R Square sebesar 35,4.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial > Geografi
Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209202084 NOFI FATMAWATI
Date Deposited: 10 Jul 2024 07:16
Last Modified: 10 Jul 2024 07:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48197

Actions (login required)

View Item View Item