PENERAPAN PEMBELAJARAN NILAI PROFETIK DALAM MEMBENTUK AKHLAK MULIA PADA PESERTA DIDIK (Studi Multisitus di MI MWB Mronjo Selopuro Blitar dan di MI Al-Muhtaduun Jabung Talun Blitar)

JIHAN FARIDA NUR AZIZA FITRIA RATNASARY DEVY, 1880505220033 (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN NILAI PROFETIK DALAM MEMBENTUK AKHLAK MULIA PADA PESERTA DIDIK (Studi Multisitus di MI MWB Mronjo Selopuro Blitar dan di MI Al-Muhtaduun Jabung Talun Blitar). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (468kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh keadaan Indonesia yang saat ini sedang mengalami dekadensi moral karena kurangnya pendidikan karakter dalam membentuk akhlak mulia pada peserta didik. Perlu adanya penerapan pendidikan karakter untuk membentuk akhlak mulia pada peserta didik dengan konsep yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan bagi umat manusia. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran nilai profetik dalam membentuk akhlak mulia pada peserta didik di MI MWB Mronjo Selopuro Blitar dan di MI Al-Muhtaduun Jabung Talun Blitar? (2) Bagaimana internalisasi pembelajaran nilai profetik dalam membentuk akhlak mulia pada peserta didik di MI MWB Mronjo Selopuro Blitar dan di MI Al-Muhtaduun Jabung Talun Blitar? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran nilai profetik dalam membentuk akhlak mulia pada peserta didik di MI MWB Mronjo Selopuro Blitar dan di MI Al-Muhtaduun Jabung Talun Blitar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian rancangann studi multisitus. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumen. Adapun analisis data menggunakan langkah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dengan teknik triangulasi dan diskusi teman sejawat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pembelajaran nilai profetik dalam membentuk akhlak mulia pada peserta didik di MI MWB Mronjo Selopuro Blitar dan di MI Al-Muhtaduun Jabung Talun Blitar (1) Perencanaan pembelajaran nilai profetik adalah dengan tahap perencanaan yaitu penyusunan kegiatan yang menanamkan akhlak mulia pada peserta didik, tahap penanaman, dan tahap pembiasaan. (2) Internalisasi pembelajaran nilai profetik adalah dengan pembelajaran di kelas diinternalisasikan dengan kegiatan madrasah, tahap pemberian pemahaman kepada peserta didik, melibatkan secara langsung peserta didik dengan beberapa nilai yang diajarkan dalam kegiatan sehari-hari. (3) Evaluasi pembelajaran nilai profetik adalah dengan memberikan peserta didik motivasi, contoh dan arahan yang mampu memberikan dampak perubahan pada peserta didik serta meningkatkan pengetahuan, rasa percaya diri, kemandirian, sopan santun dan kedisiplinan bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 1880505220033 JIHAN FARIDA NUR AZIZA FITRIA RATNASARY DEVY
Date Deposited: 10 Jul 2024 08:27
Last Modified: 10 Jul 2024 08:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48208

Actions (login required)

View Item View Item