IMPLEMENTASI NILAI MORAL YANG TEREFLEKSI DALAM TEKS DRAMA PADA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 REJOTANGAN

RIZQI FEBRIAN NURAINI, 12210173036 (2021) IMPLEMENTASI NILAI MORAL YANG TEREFLEKSI DALAM TEKS DRAMA PADA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (405kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)

Abstract

Rizqi Febrian Nuraini, NIM. 12210173036. 2021. Implementasi Nilai Moral yang Terefleksi dalam Teks Drama pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Rejotangan. Skripsi. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Dr. Erna Iftanti, S.S., M.Pd., NIP 197203072009012002. Kata Kunci : Implementasi nilai moral, pembelajaran teks drama. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena permasalahan akhlak, kerusakan moral bangsa, kekacauan, nilai kemanusiaan yang telah hilang, terkikisnya eksistensi budaya, dan mulai terkikisnya nilai paham keagamaan, solidaritas, penyimpangan perilaku remaja. Masalah tersebut sudah menjadi probelema umum dikalangan remaja maupun dewasa. Faktor yang menyebabkan yaitu karena faktor lingkungan, perkembangan teknologi dan kurangnya keimanan dalam diri. Oleh karena itu, Pendidikan nilai moral sangatlah penting dalam dunia Pendidikan terutama dalam kegiatan pembelajaran. Salah satunya yaitu dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia khususnya materi teks drama. Karena pembelajaran sastra dalam drama adalah pembelajaran yang menuntut peserta didik memainkan peran. Selain itu siswa juga mendapatkan gambaran dari tokoh dalam cerita dan mendapatkan amanat di akhir cerita. Amanat disetiap cerita juga sangat baik untuk menamamkan nilai moral. Hal tersebut juga menjadi alas an peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul “Implementasi Nilai Moral yang Terefleksi dalam Teks Drama Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Rejotangan”. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan wujud nilai moral yang ada di dalam teks drama pada buku teks Bahasa Indonesia kelas XI dan untuk mendeskripsikan implementasi nilai moral dalam yang terefleksi dalam teks drama pada pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Rejotangan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Rejotangan. Objek penelitian ini adalah implementasi nilai moral yang terefleksi dalam teks drama pada pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Rejotangan. Data dalam penelitian ini yaitu berupa hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer (guru Bahasa Indonesia kelas XI IPA, proses pembelajaran di kelas, RPP yang digunakan guru) dan data sekunder menggunakan buku yang berisi tentang nilai moral). Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) wujud nilai moral dalam teks drama pada buku teks Bahasa Indonesia kelas XI, pertama, nilai moral dalam lingkup hubungan manusia dengan diri sendiri yaitu rajin, rasa ingin tahu, pantang menyerah, kesadaran, pemberani, sabar, bertekat kuat, berkomitmen. Kedua, nilai moral dalam lingkup hubungan manusia dengan sesame manusia yaitu kasih sayang, kepedulian, patuh, kerja sama,suka menolong, santun, kejujuran, mudah bergaul dan bersahabat. Ketiga nilai moral dalam lingkup hubungan manusia dengan tuhan yaitu bersyukur. Keempat yaitu nilai moral dalam lingkup hubunga manusia dengan alam sekitar yaitu menghargai alam dan peduli lingkungan. (2) implementasi nilai moral yang terefleksi dalam teks drama pada pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Rejotangan dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu (a) perencanaan, (b) pelaksanaan. Pada tahap perencanaan, RPP yang telah dibuat memuat nilai-nilai moral dalam RPP nya. Guru sudah mengimplementasikan dengan baik pada pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia melalui pembelajaran drama di kelas XI. Pada pelaksanaan implementasi nilai moral yang terefleksi dalam teks drama pada pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dilakukan melalui pembudayaan sekolah dan pembelajaran dalam kelas

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173036 RIZQI FEBRIAN NURAINI
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:59
Last Modified: 09 Jul 2024 02:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48221

Actions (login required)

View Item View Item